Maba Unnes Wajib Ikut Ospek Pramuka

Jum'at, 19 Juli 2013 12:23 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Foto : Unnes Foto : Unnes JAKARTA - Banyak cara yang menjadi pilihan perguruan tinggi untuk membantu mahasiswa baru (maba) dalam beradaptasi di lingkungan baru. Pramuka pun menjadi cara yang dipilih Universitas Negeri Semarang (Unnes) guna membantu para maba beradaptasi.

Untuk itu, Unnes mewajibkan seluruh maba tahun akademik 2013/2014 mengikuti Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) Unnes. Kegiatan tersebut akan digelar pada 22 dan 23 Agustus di fakultas masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) Unnes Heri Kismaryono. Orientasi itu, menurut Heri, membantu dan mendorong mahasiswa baru untuk beradaptasi dalam hal psikologi, sosial, dan budaya.

OKPT sebagai bagian awal dari proses belajar di kampus berfungsi meletakkan dasar pembinaan bagi mahasiswa baru untuk mengetahui dan memahami kehidupan kampus Unnes. “Diharapkan mahasiswa patuh dan taat pada norma-norma yang berada di lingkungannya,” ujar Heri, seperti dikutip dari laman Unnes, Jumat (19/7/2013).

Heri menambahkan, pola pembinaan gerakan pramuka memiliki nilai-nilai dan norma sosial yang sangat relevan dengan kehidupan di perguruan tinggi. “Kegiatan ini bertujuan membentuk pribadi pemikir dan pemimpin tangguh. Pribadi mahasiswa yang diharapkan mampu menjadi pelopor perjuangan dan pembangunan moral bangsa,” imbuhnya.

Selama mengikuti kegiatan, peserta wajib berseragam pramuka lengkap. Dia menegaskan, dalam OKPT, para peserta tidak akan dikenakan biaya tambahan administratif. (mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป