Buku Kurikulum 2013 Gratis!

Rabu, 12 Juni 2013 12:02 wib | Ade Hapsari Lestarini - Okezone

Buku Kurikulum 2013 Gratis! Laman Kurikulum 2013. (Foto: dok Kemendikbud) JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mencetak dan membagikan secara gratis dalam implementasi Kurikulum 2013. Selain itu, buku pegangan Kurikulum 2013 nantinya juga dapat diakses melalui laman Rumah Belajar dengan alamat http://belajar.kemdikbud.go.id.

"Naskah buku pegangan sudah siap, setelah nanti diserahkan ke percetakan, akan dipublikasikan juga di Rumah Belajar," ujar Kepala Unit Implementasi Kurikulum Pusat Kemendikbud Tjipto Sumadi, seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Rabu (12/6/2013).

Jumlah buku gratis yang dibagikan tersebut akan sebanyak jumlah peserta didik sasaran implementasi. Buku pegangan pun terdiri dari buku pegangan untuk siswa dan buku pegangan guru dan naskah buku-buku tersebut telah selesai.

Adapun untuk kurikulum 2013 terdiri dari sasaran tercatat sebanyak 6.325 sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) sasaran untuk 74.289 orang, jadwal pelatihan PTK inti untuk enam region, dan jadwal pelatihan PTK sasaran sebanyak 31 Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Diketahui, untuk jenjang SD kelas 1 disiapkan sebanyak 10 buku untuk dua semester. Untuk kelas 1 ada sebanyak delapan buku tema ditambah dengan buku agama. Namun, buku yang dicetak saat ini baru untuk semester 1 sebanyak lima buku masing-masing terdiri atas satu buku agama dan empat buku tema.

Buku untuk jenjang SMP meliputi agama, PKN, bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya, prakarya, bahasa Inggris, serta pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Sementara untuk jenjang SMA ada sembilan mata pelajaran yang wajib, tetapi yang dicetak baru tiga mata pelajaran yaitu sejarah, bahasa Indonesia, dan matematika. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป