Hasil UN di Blitar-Tulungagung Diumumkan Tertutup

Jum'at, 24 Mei 2013 20:28 wib | Solichan Arif - Koran SI

Hasil UN di Blitar-Tulungagung Diumumkan Tertutup Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone) BLITAR - Seluruh pelajar tingkat sekolah menengah atas peserta Ujian Nasional (UN) di Kabupaten dan Kota Blitar lulus 100 persen.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Lanjutan Dinas Pendidikan Kabupaten Suwondo pemberian bekal materi tambahan pelajaran hingga penyiapan mental siswa saat try out menjadi kunci utama kelulusan seluruh siswa.

"Tahun lalu tingkat kelulusan mencapai 99 persen. Tahun ini lebih baik," ujarnya kepada wartawan, Jumat (24/5/2013).

Jumlah peserta UN untuk pelajar SMA di Kabupaten Blitar mencapai 2.255 siswa. Kemudian Madrasah Aliyah sebanyak 1.704 siswa dan Sekolah Menengah Kejuruan sebanyak 3.317 siswa.

Untuk nilai tertinggi SMA jurusan IPA sebesar 57,40 diraih siswa SMA Negeri Sutojayan. Sedangkan nilai tertinggi jurusan IPS sebesar 54,20 diraih siswa SMA Negeri 1 Kesamben, jurusan bahasa 52,80 diraih siswa SMA Negeri Garum dan untuk SMK nilai tertinggi sebesar 37,40 diraih SMK YP 17 Selorejo. "Kami berharap tahun depan bisa terus mempertahankan prestasi ini," tuturnya.

Sementara kelulusan 100 persen juga dialami 1.778 pelajar dari tujuh lembaga pendidikan SMA negeri swasta dan tuga Madrasah Aliyah di Kota Blitar. Begitu juga dengan 3.227 siswa dari SMK negeri swasta.

Menurut Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kota Blitar Samsul Hadi persentase kelulusan di Kota Blitar tahun sebelumnya mencapai 99,83 persen. "Jadi tahun ini kita bisa mencapai tingkat yang sempurna," ujarnya.

Untuk nilai tertinggi UN jurusan IPA sebesar 57,20 diraih siswa SMA Negeri 1 Kota Blitar. Sementara nilai tertinggi  jurusan IPS sebesar 54,80 diraih pelajar dari SMAK Dipo. Menurut Samsul, pengumuman kelulusan ini dilakukan secara tertutup yang dikirimkan langsung ke rumah siswa.

"Hal itu untuk menghindari efuoria kelulusan yang justru banyak menimbulkan dampak negatif," tuturnya.

Sementara tingkat kelulusan 100 persen juga terjadi di Kabupaten Tulungagung. Sebanyak 9.924 siswa yang tersebar di 49 lembaga SMA/SMK/MA di Tulungagung mampu melampaui UN dengan baik dan sesuai harapan. (Solichan Arif/Koran SI/ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ┬╗