Rektor Unhas Jamin Biaya Kuliah Tak Naik

Jum'at, 17 Mei 2013 16:03 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi : ist. Ilustrasi : ist. JAKARTA - Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan mulai diterapkan oleh perguruan tinggi negeri pada tahun akademik mendatang. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang menolak sistem baru tersebut karena kekhawatiran mengakibatkan biaya kuliah makin mahal.

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Idrus Paturrusi menepis kekhawatiran tersebut. Dia menegaskan, dengan sistem UKT, tidak akan ada kenaikan biaya kuliah di Unhas.

"Saya tidak tahu di masing-masing universitas, tapi di kami (Unhas) tidak ada kenaikan. Insya Allah tidak memberatkan mahasiswa," tutur Idrus ketika berbincang dengan Okezone, Jumat (17/5/2013).

Idrus menjelaskan, pada prinsipnya UKT tidak ubahnya dengan biaya kuliah selama ini. Hanya saja, beban bagi mahasiswa untuk biaya kuliah keseluruhan dapat diangsur secara berkala setiap semester, sehingga tidak memberatkan.

"Kalau kami di Unhas sama sekali tidak memberatkan. Cuma barangkali, uang yang harus dibayar semester akhir, sudah 25 persen sudah dibayar di awal. Tapi total keseluruhan tidak berubah," urainya.

Hingga saat ini, jumlah UKT di Unhas masih dalam perhitungan. Namun, Idrus berharap, pada tahun akademis mendatang sudah bisa diterapkan.

"Masalahnya, apa bisa dibelakukan tahun ini atau tahun depan, para wakil rektor II masih hitung-hitungan. Kami juga masih hitung. Kalau bisa, tahun akademik 2013 akan diterapkan. Sepertinya tidak susah. Jadi di Unhas kami usahakan, mahasiwa yang masuk 2013 sudah memakai sistem UKT," imbuh Idrus. (mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป