Sudah Plagiat Tesis, Juga Ancam Keluarga Mahasiswa

Rabu, 15 Mei 2013 17:12 wib | Tri Ispranoto - Okezone

Buku yang diplagiat dari tesis. (Foto: Tri Ispranoto/Okezone) Buku yang diplagiat dari tesis. (Foto: Tri Ispranoto/Okezone) BANDUNG - Selain melakukan plagiat terhadap tesis milik mantan mahasiswinya Helen Ryanita Nainggolan, salah seorang oknum dosen di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berinisial IM juga melakukan ancaman.

Kuasa hukum sekaligus suami Helen, Agus Sihombing mengatakan sejak dilaporkannya kasus ini istrinya sempat mendapatkan sms ancaman pada Rabu 8 April lalu.

"Tanggal 8, istri saya mendapat sms dari yang inisialnya IM dengan isinya 'Helen apakah kamu punya anak? Kamu punya dendam pada saya? Saya bisa lebih kejam dari kamu'. Dengan sms ini saya sudah terancam," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (15/5/2013).

Dari sms tersebut, pihaknya merasa sudah tidak aman. Bahkan, pihaknya yang berencana melakukan mediasi, setelah mendapatkan sms tersebut urung melakukan mediasi.

"Kalau pendekatannya seperti ini bagaimana? Seharusnya kan secara elegan, ini malah menimbulkan masalah baru. Ini sudah ancaman," jelasnya.

Namun, untuk melaporkan kasus ancaman tersebut ke kepolisian. Agus mengaku masih menunggu hasil sidang komite etik atas kasus IM dan LA dalam plagiat tesis milik istrinya.

Sebelumnya, tesis milik Helen yang bejudul "Tujuan Yuridis Jabatan Notaris Terhadap Penyelenggara Sertifikasi Elektronik, berdasarkan UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik pada perdagangan secara elektronik dikaitkan dengan UU Nomor 30 tahun 2004 tentang jabatan notaris." Yang telah selesai pada Juli 2011 diduga telah dijiplak oleh oknum dosen yangdulunya menguji Helen saat sidang tesis.

Dugaan plagiat tersebut terungkap saat Helen mendapat buku berjudul 'Cybernotary: Dalam Aktivitas Notaris di Indonesia' terbitan Juli 2012 yang ditulis oleh Pembantu Dekan (PD) I Fakultas Hukum disalah satu PTN di Bandung dan IM Sekretaris Prodi Fakultas Hukum di tempat yang sama.

Dari hasil pemeriksaan terbukti bahwa pada buku di halaman 13-40 sama dengan tesis di halaman 39-68. Buku halaman 78-92 sama dengan tesis di halaman 85-97. Buku halaman 92-108 sama dengan tesis halaman 73-85. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป