Try Out Akbar SBMPTN Memotivasi Calon Mahasiswa

Kamis, 09 Mei 2013 13:47 wib | Rachmad Faisal Harahap - Okezone

Try Out Akbar SBMPTN Memotivasi Calon Mahasiswa Peserta Try Out JAKARTA - Try Out (TO) Akbar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 memperebutkan Medali Emas Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra sebagai Ketua Dewan Pembina Perindo untuk memotivasi para siswa-siswi dalam melaksanakan SBMPTN.

Ketua Panitia Try Out (TO) Akbar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Mirza Basa menjelaskan, tujuan diadakannya Try Out Akbar SMPTN yaitu untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Memberikan motivasi untuk mempersiapkan secara matang sebelum ke ujian SBMPTN yang dilaksanakan pada tanggal 10-11 Juni 2013 mendatang," jelasnya di VIP Tribun Timur Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (9/5/2013).

Mirza mengatakan, selain memberikan motivasi untuk mempersiapkan secara matang, dia juga memberikan bimbingan kepada siswa/i dalam pelaksanaan TO tersebut.

"Siswa-siswi untuk mempersiapkan dan memotivasi untuk konsentrasi ke hari H, ketika pada saat ujian berlangsung menjadi siap dan matang. Kami juga memberikan spirit, signifikannya kita hanya membimbing dan menyemangati mereka," ujarnya.

Mirza mengatakan, bahwa soal-soal TO ini juga untuk mengetes sampai sejauh mana kompetensi disetiap masing-masing siswa.

"Kita ada tim, baik ada tinjauan soal-soal khusus, kisi-kisi, merumuskan siswa yang pinter tapi tidak lolos karena pilihan mereka sangat tinggi. Jadi mereka diarahkan ke SBMPTN, dari hasil ini akan ketahuan kompetensinya masing-masing," ucapnya.

Jumlah soal TO ini sebanyak 120 soal untuk simulasi termasuk IPA dan IPS dengan waktu 2 menit untuk 1 soal, kurang lebih 2 jam untuk keseluruhannya," tuturnya.

"Yang mengikuti TO kurang lebih 5000 peserta, ada yang tidak hadir karena bentrok dengan study tour. Tetapi tanggal 26 Mei ada lagi," imbuhnya.

Dengan harga Rp15 ribu, TO ini sebelumnya disosialisasikan di berbagai sekolah di Jabodetabek, soal-soalnya dari para alumni S3 dari Universitas Indonesia (UI), ada yang dari bimbel juga. TO ini dari Forum Kajian Cemara Center.

Pada 29 Januari 2012 TO Akbar SBMPTN pernah diadakan di Gelora Sriwijaya Palembang. Try Out (TO) Akbar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 memperebutkan Medali Emas Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra sebagai Ketua Dewan Pembina Perindo dan doorprise satu unit motor Scoopy. (ahm)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป