3 Penyebab UN Kacau

Senin, 29 April 2013 16:04 wib | Rachmad Faisal Harahap - Okezone

Mendikbud M Nuh memeriksa bundel soal UN dalam sidak UN 2013 hari pertama di SMAN 3 Jaksel. (Foto: Rachmad Faisal/Okezone) Mendikbud M Nuh memeriksa bundel soal UN dalam sidak UN 2013 hari pertama di SMAN 3 Jaksel. (Foto: Rachmad Faisal/Okezone) JAKARTA - Banyak pihak melakukan investigasi terkait kekacauan pada ujian nasional (UN) tingkat SMA/sederajat tahun ini. Hasil awal investigasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sendiri mengindikasikan ada tiga penyebab kacaunya UN SMA/sederajat 2013.

Menurut Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar, hasil awal investigasi ini adalah terkait siapa yang terlibat dalam kekacauan UN. Sementara itu, investigasi tentang tender percetakan UN masih belum rampung.

"Ada tiga penyebab permasalahan penyelenggaraan UN, yaitu dari Kemendikbud, pengawasan, dan percetakan," kata Haryono, dalam konferensi pers tentang Keabsahan UN 2013, di Ruang DSS, Gedung A lantai 2 Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Masalah lainnya, ujar mantan pemimpin Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) itu, ada pada penyelenggaraan. Selain itu, investigasi yang dilakukan tim beranggotakan lima orang ini juga menemukan perlunya perbaikan manajemen terkait kredibilitas UN dan kurikulum 2013.

"Hasil investigasi akan diumumkan dua minggu ke depan. Pertanyaannya adalah, penyebabnya dari ketiga pihak itu bagaimana, yang berkaitan dengan sanksi dan dengan fakta-fakta," imbuhnya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป