SBY: Diaspora Indonesia Orang-orang Hebat

Senin, 22 April 2013 20:15 wib | Ade Hapsari Lestarini - Okezone

Presiden SBY. (Foto: Ditjen Pajak) Presiden SBY. (Foto: Ditjen Pajak) JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut diaspora Indonesia sebagai orang-orang hebat. Diaspora sendiri diartikan sebagai semua orang berdarah dan berbudaya Indonesia yang tinggal di luar wilayah Indonesia.

"Mereka adalah orang-orang hebat di bidang masing-masing, dan begitu mereka kembali ke Indonesia, mereka membawa pengalaman dan keahlian mereka untuk ikut membangun Indonesia," kata Presiden SBY, seperti dikutip dari laman Setkab, Senin (22/4/2013).

Hal tersebut diucapkannya dalam pidato penerimaannya, saat menyampaikan penghargaan dan rasa hormatnya kepada Nanyang Technological University (NTU) atas pemberian gelar Honorary Degree of Doctor of Letters dari Rajaratnam School of International Studies (RSIS).

Menurut Presiden SBY, di Singapura terdapat sekira 8.500 profesional Indonesia, 24.500 pelajar, dan 105 ribu tenaga kerja Indonesia (TKI). Selama berpuluh-puluh tahun jumlah diaspora Indonesia di Singapura terus berkembang.

Oleh karena itu, lanjutnya, ia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, universitas, kalangan pekerja dan rakyat Singapura yang menjalin persahabatan dengan diaspora Indonesia di Singapura.

"Jalinan orang per orang ini sejauh ini merupakan aset terbesar dari hubungan bilateral kedua negara," kata Presiden SBY.

Dalam suratnya kepada Presiden SBY, Presiden NTU Profesor Bertil Anderson menyebutkan bahwa gelar Doktor HC diberikan kepada Presiden SBY atas prestasinya sebagai Presiden Indonesia yang berhasil menciptakan stabilitas politik, pembangunan ekonomi dan perubahan demokrasi. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป