Guru Daerah 3-T akan Gratis Kuliah di UT

Senin, 22 April 2013 14:31 wib | Rachmad Faisal Harahap - Okezone

Guru Daerah 3-T akan Gratis Kuliah di UT Ilustrasi: guru mengajar di kelas. (Foto: dok. Okezone) JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) menjadi kampus yang dipercaya meningkatkan kualifikasi akademik S-1 atau D-4  bagi para guru yang berada di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3-T). Bahkan, mereka mendapatkan dana khusus Rp20 miliar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurut Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ir. Tian Belawati. M.Ed., Ph.D., penunjukan UT didasari fakta banyaknya mahasiswa UT dari kalangan guru dan pendidik. "Pada 2012 saja, dari sekira 493 ribu mahasiswa UT, 78 persen di antaranya adalah para guru yang ingin meningkatkan kualifikasi akademik S-1 atau D-4 dari seluruh penjuru Tanah Air," kata Tian di Ruang DSS, Gedung A Lantai 2 Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Tian mengaku, siap menjalankan tugas ini untuk memenuhi amanat UU Guru dan Dosen, yakni memenuhi kualifikasi minimal guru dengan gelar S-1 atau D-4. Oleh UT, dana Rp20 miliar tersebut akan dioptimalkan bagi pembebasan studi guru di daerah 3-T.

Tian berjanji, penyerapan anggaran untuk meningkatkan kualifikasi guru menjadi S-1 atau D-4 itu akan dimulai pada tahun ajaran baru, atau sekira September. Saat ini, ada sekira 160 ribu guru di daerah 3-T yang membutuhkan dukungan dana tersebut.

"Kami akan segera melakukan sosialisasi agar guru bisa benar-benar memanfaatkan kesempatan ini. Faktanya, memang masih banyak guru yang belum S-1 atau D-4, sementara untuk mendapatkannya mereka terbentur biaya. Kini biaya itu sudah tersedia, tinggal bagaimana memanfaatkannya. Kami akan segera menyiapkan peraturan dan persyaratannya," imbuh Tian. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERITA TERKAIT

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »