Dipanggil Ombudsman, Mendikbud Ngaku Sibuk

Kamis, 18 April 2013 11:28 wib | Arief Setyadi - Okezone

Mendikbud M Nuh mangkir dari panggilan Ombudsaman RI karena sibuk menyiapkan UN 2013. (Foto: dok. Okezone) Mendikbud M Nuh mangkir dari panggilan Ombudsaman RI karena sibuk menyiapkan UN 2013. (Foto: dok. Okezone) JAKARTA - Mundurnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di 11 Provinsi memang bukan persoalan sepele. Semua pihak pun mempertanyakan penyebab kekacauan helatan tahunan pendidikan Indonesia ini kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendkibud) Mohammad Nuh.

Ombudsman Republik Indonesia juga memanggil Nuh untuk memberi penjelasan atas kasus ini. Sayangnya, kata anggota Bidang Penyelesaian Laporan Ombudsman, Budi Santoso, Nuh tidak dapat hadir memenuhi panggilan yang sejatinya dilakukan pada hari ini, Kamis (18/4/2013).

"Padahal ini kesempatan Mendikbud menyampaikan apa yang sebenarnya terjadi dalam pengunduran UN di 11 Provinsi kemarin itu," kata Budi kepada wartawan di Jakarta.

Ketidakhadiran Nuh diketahui dengan surat yang dilayangkan Kemendikbud bernomor  35189/A.A5/LL/2013 tertanggal 17 April 2013 yang ditandatangani Sekjen Kemendikbud, Ainun Na’im. Di surat itu dinyatakan, alasan Nuh tidak dapat hadir karena sedang menyiapkan pelaksanaan UN.

Untuk itu, Ombudsman akan melayangkan surat panggilan kedua dengan menjadwal ulang waktunya mengingat insiden ini merupakan bukan persoalan sepele dan baru pertama kali terjadi.

"Ombudsman akan menjadwalkan kemabali akhir April atau awal Mei agar Mendikbud bisa menjelaskan pengunduran UN," imbuhnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan UN tahun 2013 memang diundur untuk 11 provinsi. Penyebabnya, PT Ghalia Indonesia Printing sebagai percetakan soal UN, tidak menyelesaikan pesanan sesuai jadwal. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป