Soal Bisa Difotokopi

Mendikbud Keukeuh UN di Kaltim Digelar Besok

Rabu, 17 April 2013 21:24 wib | Amir Sarifudin - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone) Ilustrasi. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone) BALIKPAPAN - Disdik Kalimantan Timur (Kaltim) dan Disdik Kota/Kabupaten mengusulkan menunda pelaksanaan UN kaltim yang harusnya digelar Kamis 18 April 2013 besok. Adapun dari empat kabupaten/kota, 11 menyatakan ditunda karena kesiapan soal yang belum 100 persen.

Kadisdik bahkan melakukan komunikasi langsung dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Dalam percapakan itu, Nuh minta agar UN tidak ditunda dan menunggu soal datang hingga pukul 21.00 Wita. Jika terjadi kurang soal, maka dapat difotokopi.

Kondisi ini berlangsung alot antara Disdik Kaltim dengan mendikbud, sehingga konferensi pers belum juga digelar. Sempat juga terjadi beberapa kali komunikasi antara Nuh dengan Komisi X DPR RI yang ikut dalam rapat tertutup serta terbuka untuk media.

"Di Balikpapan masih sembilan sekolah belum dapat, di Samarinda 30 sekolah. Kita usulkan ini ditunda tapi mendikbud minta kita menunggu sampai malam ini dan soal ujian bisa dikopi," kata Kadisdik Kaltim Musyarim, Rabu (17/4/2013) malam.

Wakil Ketua Komisi X Syaiful Bachri pun sepenuhnya menyerahkan pilihan ini kepada Mendikbud. "Pilihan antara ditunda atau UN dilakukan besok dengan materi difotokopi. Ini masih menunggu keputusan menteri malam ini," kata Syaiful.

Rapat yang semula tertutup, akhirnya dibuka untuk media. Beberapa menit kemudian ada permintaan dari Mendikbud M Nuh agar UN tetap berjalan pada Kamis besok.

"UN tetap besok dilaksanakan. Dan soal dapat digandakan oleh Universitas Mulawarman (Unmul) bagi daerah yang distribusinya terjangkau. Sedangkan daerah yang jauh, disdik dapat melakukan penggandaan soal dengan pengawasan polisi," instruksinya saat komunikasi dengan anggota DPR RI dan Disdik Kaltim melalui telepon.

Rapat antara Disdik Kaltim, Balikpapan, dan DPR RI, serta perwakilan disdik kota/kabupaten di aula Pemkot Balikpapan pun hingga malam ini masih berlanjut. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป