Kurikulum 2013

Bahasa Daerah Masih Wajib Diajarkan

Kamis, 11 April 2013 17:31 wib | Bramantyo - Okezone

Ilustrasi: ist. Ilustrasi: ist. SOLO – Meski kurikulum 2013 bakal diberlakukan, Ketua Jurusan Sastra Daerah Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Suparjo menyatakan bahwa bahasa daerah tetap wajib diajarkan dan menjadi mata pelajaran di sekolah SD hingga SMA di Jawa Tengah. Keberadaan bahasa daerah tidak akan dihapus.

"Kewajiban pengajaran bahasa daerah di sekolah mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa. Bahkan Perda itu bakal diperkuat dengan turunnya Peraturan Gubernur pada Mei 2013 mendatang," ujar Suparjo kepada wartawan, di Kantor Humas UNS, Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2013).

Suparjo mengaku, sempat khawatir mata pelajaran bahasa daerah bakal dihilangkan seiring diberlakukannya kurikulum 2013. Namun setelah dikaji lebih lanjut, ternyata provinsi Jawa Tengah memiliki Perda tentang Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa. Kekhawatiran itu pun perlahan hilang.

"Beruntung memang, Jawa Tengah memilki perda. Sehingga tidak ada masalah apabila kurikulum 2013 dijalankan," ujar Suparjo yang juga anggota Forum Program Studi Bahasa Daerah se-Indonesia.

Namun demikian, Suparjo masih memperjuangkan agar bahasa daerah tidak diintegrasikan ke dalam seni dan budaya, tetapi tetap berdiri sendiri dalam satu mata pelajaran tersendiri. Sebab, jika diintegrasikan seolah hanya sebagai pelengkap. Padahal bahasa daerah merupakan bahasa asli setempat yang mesti dilestarikan keberadaannya agar tidak punah. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?

Ujian nasional (UN) sudah di depan mata. Duh, harus rajin belajar nih. Sebelum menghadapi UN, perlu ritual khusus nggak sih buat kalian? Kirimkan pendapat kalian ke rubrik Suara Mahasiswa periode 8-16 Maret 2014 dengan tema "UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?" ke alamat email kampus@okezone.com. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling kece pastinya.. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป