Yummy, Pizza Alpukat dari UB

Kamis, 11 April 2013 14:09 wib | Hari Istiawan - Okezone

Ilustrasi: Reuters. Ilustrasi: Reuters. MALANG - Limbah biji Alpukat ternyata bisa diolah menjadi makanan lezat bernama Avocado Seeds Pizza. Jika umumnya makan pizza terlalu banyak bisa memicu obesitas atau diabetes mellitus, namun tidak demikian dengan pizza dari biji alpukat buatan lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang ini.

Lima mahasiswa tersebut adalah Presticia Rosa Indri Wardani, Diyah Ayu Safitri, Yuni Basuki, Sumini, dari Fakultas Pertanian dan Afifah Puji Hastuti dari Fakultas Teknologi Pertanian.

Menurut salah satu mahasiswa, Presticia, ide pembuatan Avocado Seeds Pizza (AVOS-PIZZA) ini bermula dari pengamatan mereka terkait peningkatan angka impor tepung terigu di Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun.

"Biji alpukat mempunyai kandungan zat pati tinggi, air dan mineral sebagai bahan substitusi terhadap tepung terigu," kata Presticia, Kamis (11/4/2013).

Dari sini, mereka kemudian mencari ide bagaimana membuat produk pangan yang digemari masyarakat tapi dengan harga murah dengan bahan dasar biji alpukat sebagai bahan substitusi tepung terigu.

Afifah menambahkan, pengolahan biji alpukat juga harus diperlakukan secara khusus agar tidak terasa pahit. Menurutnya, pemilihan biji alpukat juga tidak sembarangan dan yang digunakan adalah biji alpukat yang masih segar. "Kami mencarinya di pedagang jus buah, es campur hingga rumah makan," ujar Afifah.

Dalam pengolahannya, AVOS-PIZZA menggunakan gula yang rendah kalori. AVOS-PIZZA menyediakan dua macam topping yaitu mix vegetable pizza dan mix chicken pizza. Hanya dengan Rp5.000, pembeli bisa mendapat satu kotak AVOS-PIZZA berisi dua slice ukuran medium.

Karya lima mahasiswa ini yang membuat AVOS-PIZZA sebagai pizza inovasi baru dan pertama dari biji alpukat yang dapat meminimalisasi obesitas dan ancaman penyakit diabetes.

Karya mereka bahkan mendapat pendanaan dari Dirjen Dikti untuk Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K).  Selama tiga bulan, mereka juga menyelesaikan karya ini dan berharap bisa melenggang menuju Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2013. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERITA TERKAIT

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป