2014, Penerimaan Mahasiswa Unsulbar Lewat SNMPTN

Jum'at, 05 April 2013 20:11 wib | Andi Indra - Koran SI

2014, Penerimaan Mahasiswa Unsulbar Lewat SNMPTN Ilustrasi. (Foto: Reuters) MAJENE - Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) yang berada di Kabupaten Majene berencana untuk membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 2014 mendatang.

Tapi, ini baru bisa terjadi setelah draf peraturan presiden (Perpres) penegerian Unsulbar mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

"Tahun ini sudah jadi PTN, tapi pelaksanaan SNMPTN baru bisa dilakukan tahun depan," kata salah satu dosen Unsulbar, Ahmad Samad, Jumat (5/4/2013).

Dia mengatakan, dengan jalur SNMPTN, maka calon mahasiswa bisa dari lintas daerah tanpa harus ke Majene. Begitupun sebaliknya, bagi calon mahasiswa di Sulbar bisa lintas provinsi.

"SNMPTN adalah penerimaan mahasiswa yang hanya dilakukan bagi perguruan tinggi yang berstatus negeri dan dimungkinkan calon mahasiswa dari daerah manapun kuliah di Unsulbar," tutur Ahmad.

Sementara itu, dalam rangka mendukung penegerian Unsulbar, DPRD provinsi Sulbar mengaku siap untuk mensuport pemberian anggaran Unsulbar dalam rangka pelaksanaan operasionalnya.

"Kita siap dan akan menyetujui pemberian anggaran Unsulbar. Hanya saja, pemberian anggaran itu belum bisa langsung dilakukan karena draf APBD tahun ini sudah disetujui," kata Wakil Ketua DPRD Sulbar Arifin Nurdin, dalam pertemuan dengan sejumlah mahasiwa Unsulbar beberapa waktu lalu.

Karena itu, dalam menyambut perubahan status Unsulbar yang berada di Majene, Wakil Ketua DPRD dua periode ini berharap kepada semua pihak untuk bersatu dalam mengawal prosesnya.

"Jadi, kalau selama ini, polemik-polemik yang selama ini kita dengar, lupakan saja dulu. Karena itu hanya kepentingan orang luar yang tidak bertanggungjawab. Mari kita sambut perubahan Unsulbar menjadi universitas negeri pertama di Sulbar," pinta Arifin Nurdin. (Andi Indra/Koran SI/ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป