Bocoran UN, Layak Dipercaya?

Selasa, 02 April 2013 15:24 wib | Rachmad Faisal Harahap - Okezone

Ilustrasi: bocoran kunci jawaban UN. (Foto: dok. Okezone) Ilustrasi: bocoran kunci jawaban UN. (Foto: dok. Okezone) JAKARTA - Tahun lalu, beredar pesan singkat (SMS) berisi kunci jawaban soal ujian nasional (UN). Banyak siswa peserta UN percaya, banyak juga yang tidak peduli akan keberadaan bocoran kunci jawaban tersebut.

Begitu juga tahun ini. Bocoran kunci jawaban atau soal ujian menjadi salah satu kontroversi menjelang pelaksanaan UN tahun ini. Pemerintah mengklaim, soal ataupun kunci jawaban tidak akan bocor. Apalagi pemerintah juga berencana menerapkan hingga 30 paket soal UN.

Bagi peserta UN 2013, keberadaan bocoran soal atau kunci jawaban UN tidaklah penting. Pasalnya, mereka sudah bersiap menghadapi UN sejak jauh-jauh hari. Bunga Eja misalnya, tidak berharap mendapat bocoran soal atau kunci jawaban UN. Menurut siswi SMAN 111 Jakarta ini, selain soal tiap jurusan berbeda, sekolah juga sudah menyiapkan siswanya dengan berbagai rangkaian try out (TO) dan evaluasi soal-soal UN tahun sebelumnya.

"Sekolah sudah ngasih kisi-kisi soal UN dan rutin menggelar TO, terakhir 4 April mendatang. Biasa ajalah nanggapin bocoran. Yang penting saya berusaha semaksimal mungkin menghadapi UN, percaya diri sendiri dan pasrah kepada Allah," kata Bunga kepada Okezone, Selasa (2/4/2013).

Sementara itu, siswi SMA Cinta Kasih Tzu Chi Siska Anggun Pratiwi juga merasakan hal yang sama. Pasalnya, menurut Siska, selama ini bocoran soal atau kunci jawaban membuat banyak siswa tidak lulus.

"Jangan terlalu percaya kebenarannya. Takutnya bocoran malah bisa membuat kita tidak lulus, itu kan sedih banget," tukas siswi kelas 3 IPS itu.

Siska pun tidak berharap dapat bocoran soal atau kunci jawaban UN. Menurutnya, nilai yang diraih karena usaha sendiri lebih berharga ketimbang meraih nilai bagus dengan cara curang.

Minggus Unedo, siswa SMKN 38 Jakarta juga mengiyakan pendapat Siska. Siswa jurusan Tata Boga ini tidak mempercayai bocoran soal atau kunci jawaban UN.

"Karena pasti ada kekeliruan, dan kita enggak tahu mana yang benar dan mana yang salah. Kalau percaya pada bocoran soal atau kunci jawaban sama saja tidak percaya diri sendiri," ujar Minggus. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป