Tiba di Palestina, Obama Diterima Mahmoud Abbas

Kamis, 21 Maret 2013 19:23 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Obama dan Mahmoud Abbas (Foto: AFP) Obama dan Mahmoud Abbas (Foto: AFP) RAMALLAH - Jarak dari Yerusalem ke Ramallah hanya sekira 12 kilometer (km), tapi yang akan didengar oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas, akan jauh berbeda dengan yang dibincangkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Kedatangan Obama di Ramallah, Tepi Barat disambut langsung oleh Presiden Mahmoud Abbas. Kunjungannya ini dilakukan setelah Obama berada selama dua hari di Israel.

Bersama dengan Mahmoud Abbas, Presiden ke-44 AS itu membicarakan kondisi yang meliputi upaya perdamaian Timur Tengah. Dalam pertemuan dengan Obama, Abbas mengatakan, upaya damai dengan Israel seharusnya tidak harus dilakukan melalui cara-cara kekerasan.

"Perdamaian dengan Israel seharusnya tidak diraih melalui cara kekerasan, pencaplokan wilayah, ataupun penangkapan serta penolakan hak-hak pengungsi," ujar Abbas, seperti dikutip Associated Press, Kamis (21/3/2013).

Sementara Presiden Obama mengatakan, proses perdamaian Palestina dan Israel tidak boleh berhenti. "Kita tidak boleh menyerah untuk mencari perdamaian," tutur Obama.

Obama juga memuji upaya dari Presiden Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad yang terus membangun institusi demi perdamaian Palestian dan Israel di masa depan.

Proses negosiasi perdamaian antara Palestina dengan Israel saat ini masih terus berhenti. Palestina menolak untuk kembali ke meja perundingan karena Israel meneruskan pembangunan pemukiman warga Yahudi di Yerusalem Timur, Tepi Barat dan Gaza. Wilayah tersebut merupakan daerah yang menjadi kekuasaan Palestina ketika mengumumkan kemerdekaan. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป