Sekolah Ikatan Dinas

Kuliah Dapat Uang Saku dan Langsung Kerja

Senin, 18 Maret 2013 10:29 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

IPDN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia. (Foto: dok. IPDN) IPDN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia. (Foto: dok. IPDN) JAKARTA - Beasiswa memang menjadi bantuan utama yang bisa kita dapatkan selama kuliah. Tetapi bagaimana jika kita kuliah gratis, dapat uang jajan, bahkan dijamin langsung dapat kerja setelah lulus nanti? 

Keasyikan seperti itu bisa kita rasakan jika menjadi mahasiswa sekolah kedinasan. Biasanya, sekolah kedinasan ini ada di bawah pengelolaan berbagai kementerian dan lembaga negara. Nantinya, para lulusan sekolah kedinasan akan ditempatkan di berbagai lembaga kementerian yang menaunginya di penjuru Tanah Air.

Berikut beberapa sekolah kedinasan yang ada di Indonesia.

1. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

STIS berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Selain dibebaskan dari biaya kuliah, mahasiswa STIS dapat uang saku Rp850 ribu per bulan. Kampus yang berlokasi di Jl. Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta 13330, ini, membuka pendaftaran mulai Senin (18/3/2013).

Informasi lengkap tentang STIS bisa disimak di laman www.stis.ac.id atau menghubungi nomor telepon (021) 8191437/8508812, Fax. (021) 8197577. STIS juga membuka jalur hotline Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) di nomor (021) 85900884.

2. Akademi Minyak dan Gas Bumi - Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (Akamigas-STEM)

STEM bernaung pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Kampus Akamigas-STEM terletak di kawasan rig dan pengeboran minyak, Cepu, Jawa Tengah.

Informasi lengkap bisa dilihat di www.akamigas-stem.esdm.go.id.

3. Sekolah Tinggi Multi Media Training Center (MMTC)

Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menaungi sekolah tinggi ini. Mahasiswa Sekolah Tinggi MMTC akan menempuh studi di Yogyakarta.

Tertarik? Simak informasi lengkap di www.mmtc.ac.id.

4. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

STSN ada di bawah pengelolaan Lembaga Sandi Negara (LSN).  Kota Hujan, Bogor, menjadi lokasi kampus STSN.

Pendaftaran online dan informasi tentang STSN bisa dilihat di laman www.stsn-nci.ac.id.

5. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)

Perguruan tinggi kedinasan ini dinaungi oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Untuk menjadi mahasiswa STKS, pendaftaran dilakukan secara offline di kota Bandung, Yogyakarta, Padang, Banjarmasin, Makassar, Jayapura, dan Palu. Buka laman www.stks.ac.id untuk informasi selengkapnya.

6. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)

Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI menaungi perguruan tinggi di Yogyakarta ini. Informasi dan pendaftaran secara online bisa dilihat di website www.stpn.ac.id.

7. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Untuk menjadi mahasiswa kampus di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ini, calon mahasiswa harus melakukan pendaftaran secara offline di Bagian Kepegawaian Daerah Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia. Lokasi kuliah Jakarta, Pekanbaru, Manado, Bukittinggi, Makassar. Informasi tentang IPDN bisa dilihat di laman http://www.ipdn.ac.id/. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป