Menteri ESDM: Nuklir Pilihan Terakhir!

Kamis, 14 Maret 2013 12:52 wib | Dani Jumadil Akhir - Okezone

Menteri ESDM: Nuklir Pilihan Terakhir! Ilustrasi. (Foto: Okezone) JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyatakan penggunaan nuklir sebagai sumber energi listrik merupakan pilihan terakhir dalam proyeksi Kebijakan Energi Nasional (KEN). Kebijakan ini merupakan kebijakan yang disusun Dewan Energi Nasional (DEN).

"DEN mencantumkan nuklir itu menjadi sarana pembangkit energi alternatif terakhir," kata Jero kepada wartawan seusai peluncuran buku hemat energi di Museum Listrik TMII,  Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Jero menegaskan, Indonesia baru akan menggunakan nuklir sebagai sumber energi apabila sumber-sumber energi lainnya sudah habis. "Kalau sumber-sumber yang terakhir sudah habis, maka (baru) nuklir (digunakan)," tegas Jero.

Menurut dia, nuklir dijadikan alternatif paling terakhir, karena penggunaan nuklir sangat berisiko. Dia khawatir, akan potensi bencana penyebaran radiasi apabila terjadi kelalaian.

"Nuklir itu masih dalam kategori perlu disiplin sangat tinggi. Namun semenjak PLT Fukusihima bocor, harus dikaji oleh DEN. Nanti kalau bocor, rakyat ken radiasi, bagaimana?" tanya Jero.

Karena itu, Jero lebih memilih untuk mengedepankan penggunaan minyak bumi, gas, dan batu bara sebagai sumber energi. "Kalau udah kepepet, baru pakai nuklir, ini kita masih punya minyak, gas, batu bara. Pakai dulu lah," katanya. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »