5 Prodi Favorit SNMPTN 2013 di Unpad

Sabtu, 02 Maret 2013 15:13 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

5 Prodi Favorit SNMPTN 2013 di Unpad Ilustrasi: ist. JAKARTA - Dari 43 program studi (prodi) yang disediakan Universitas Padjadjaran (Unpad) bagi para calon mahasiswa, ada lima prodi yang menjadi favorit. Prodi-prodi tersebut tersebar di kelompok kajian ilmu sosial maupun ilmu alam.

Wakil Rektor I Unpad, Engkus Kuswarno, memaparkan, tahun ini Ilmu Manajemen ada di puncak tangga favorit prodi pilihan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Dengan daya tampung hanya 102 orang, prodi di bawah naungan Fakultas Ekonomi (FE) ini diminati oleh 2.712 orang. Prodi favorit kedua adalah Ilmu Komunikasi, yakni dipilih 2.628 orang, sementara daya tampungnya 270 orang.

Prodi di FE lainnya, Akuntansi, dipilih oleh 1.955 orang dan hanya akan menerima 108 mahasiswa baru. Prodi ini ada di peringkat ketiga pilihan peserta SNMPTN 2013.  Di peringkat keempat ada prodi Farmasi yang hanya akan menampung 114 orang dari 1.893 pemilih. Sedangkan prodi favorit kelima adalah Ilmu Keperawatan. Dengan daya tampung 111 orang, prodi di Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) ini diminati 1.780 orang.

"Sementara untuk jumlah pendaftar program Bidik Misi sampai saat ini berjumlah 1.963 orang dengan daya tampung 900 orang," ujar Engkus, seperti dikutip dari laman Unpad, Sabtu (2/3/2013).

Engkus memaparkan, siswa dapat memilih prodi apa pun meski tidak sesuai latar belakang pendidikannya. Namun, khusus prodi Pendidikan Dokter, siswa pemilih harus berasal dari jurusan IPA. Perlu diingat, ketika memilih suatu  prodi, siswa sebaiknya memperhatikan syarat-syarat tertentu yang ditetapkan panitia maupun perguruan tinggi yang bersangkutan.

"Misalnya untuk prodi-prodi IPA mensyaratkan tidak buta warna. Atau pada web Unpad pun ditambahkan misalnya untuk prodi Keperawatan mensyaratkan tinggi badan minimum," tutur  Engkus. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »