Tiga Jalur Penerimaan Maba, Pendaftar di Untan Meningkat

Rabu, 13 Februari 2013 15:03 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi: ist. Ilustrasi: ist. JAKARTA - Selain Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, peningkatan jumlah pendafar dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 juga dialami oleh Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

Rektor Untan Thamrin Usman mengungkap, salah satu penyebab peningkatan jumlah pendaftar dalam SNMPTN kali ini adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang lebih bervariasi. "Di tempat kami peminatnya tiap tahun makin meningkat. Apalagi sistem penerimaan mahasiswa baru ada tiga, yakni SNMPTN, Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan jalur mandiri," ungkap Thamrin ketika dihubungi Okezone melalui telepon, Rabu (13/2/2013).

Dia menyebut, di Untan minimal 50 persen daya tampung PTN diisi oleh mahasiswa baru melalui jalur undangan SNMPTN. Sementara 50 persen sisanya diisi melalui ujian tulis bersama atau SNBPTN sebesar 30 persen SNMPTN dan 20 persen ujian mandiri.

Meski demikian, Thamrin tidak menampik jika 20 persen mahasiswa yang harusnya diseleksi melalui jalur mandiri akan diambil melalui SNBPTN. "Dalam praktiknya, 20 persen terakhir itu dapat kami ambil dengan memanfaatkan SNBPTN. Jadi tetap menyaring anak-anak yang berkualitas namun tidak lolos dalam SNBPTN," paparnya.

Menurut Thamrin, sejumlah program studi (prodi) di Untan masih menjadi favorit para pendaftar dalam SNMPTN 2013. Untuk jurusan IPA, program favoit di Untan meliputi pendidikan dokter, farmasi, keperawatian, Teknologi Informasi, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan.

"Untuk IPS, prodi Akuntansi yang menjadi favorit. Selain itu, yang tidak kalah banyak peminat adalah jurusan keguruan," tuturnya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป