Uang Kuliah Tunggal Mulai Diterapkan Tahun Ini

Selasa, 12 Februari 2013 18:38 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Foto : Dok ITB. Foto : Dok ITB. DEPOK - Salah satu topik utama yang menjadi pembahasan dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2013 adalah pelaksanaan Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dalam penerapan UU tersebut, salah satu konsekuensi yang datang adalah pemberlakuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).  
Dirjen Dikti Djoko Santoso menyebutkan, pemberlakuan UKT akan dimulai pada tahun akademik mendatang. Oleh karena itu, saat ini Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki waktu untuk menyiapkan diri dengan menetapkan jumlah UKT tersebut.
 
"Semua perguruan tinggi (PT) harus mulai melaksanakan pada semester satu tahun akademik 2013/2014. Sekarang masih persiapan, jadi PT tidak perlu dikejar-kejar," ujar Djoko selepas penutupan RNPK 2013 di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Bojongsari, Depok, Selasa (12/2/2013).
 
Dalam penerapan UKT, lanjut Djoko, Dikti tengah menyiapkan Unit Cost atau standar biaya kuliah bagi masing-masing PT. Standar tersebut dapat menjadi panduan bagi PT dalam menentukan UKT bagi para mahasiswa mereka.
 
"Kami menyiapkan unit cost, yakni standar biaya untuk masing-masing PT dan ada tarif. Tarif ini seperti Harga Eceran Tertinggi (HET) yang besarannya di bawah standar biaya kuliah karena dibayar pemerintah lewat Bantuan Operasional (BO) PTN," jelasnya.
 
Sehingga, kata Djoko, dengan adanya BOPTN mahasiswa PTN tidak perlu lagi membayar uang pangkal. Para mahasiswa baru cukup membayar uang SPP saja tanpa ada biaya lainnya.
 
Djoko mengaku, berbagai PTN masih dalam proses menyiapkan diri untuk menentukan besaran UKT tersebut. Namun, beberapa PTN sudah melaporkan besaran UKT di kampus mereka. "Beberapa PT, di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah menetapkan UKT," imbuh Djoko.
 
(rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป