Sistem Pendidikan Tinggi AS Terbaik di Dunia

Minggu, 03 Februari 2013 14:09 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel bangga pendidikan tinggi AS masih terbaik di dunia. (Foto: Rifa Nadia/Okezone) Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel bangga pendidikan tinggi AS masih terbaik di dunia. (Foto: Rifa Nadia/Okezone) JAKARTA - Di mata dunia, kualitas pendidikan tinggi Amerika Serikat (AS) dikenal baik. Hal ini tercermin dari dominasi kampus-kampus AS dalam berbagai pemeringkatan perguruan tinggi tingkat internasional.

Reputasi itulah yang menjadi daya tarik dan nilai jual tersendiri bagi perguruan-perguruan tinggi AS dalam menarik minat pelajar internasional. Bahkan, Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel, mengklaim reputasi tersebut mengundang hingga ratusan ribu pelajar internasional untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi AS.

"Saya bangga menyatakan bahwa AS masih memiliki sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia," ujar Marciel ketika membuka pameran pendidikan tinggi AS, EducationUSA Fair 2013, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Minggu (3/2/2013).

Marciel mengimbuh, agar lebih banyak pelajar internasional, termasuk Indonesia,  tertarik menuntut ilmu di AS, pihaknya pun melakukan perbaikan di berbagai lini. Termasuk memperbaiki sistem aplikasi visa bagi pelajar (student visa).

"Visa pelajar bukan masalah lagi. Siapa pun yang diterima masuk perguruan tinggi di AS kini akan mendapat student visa dengan lebih mudah," imbuhnya.

EducationUSA Fair merupakan kegiatan tahunan EducationUSA/AMINEF dan Kedutaan Besar Amerika Serikat yang menyediakan berbagai informasi menyeluruh dan akurat tentang pendidikan di Amerika Serikat (AS) dengan memfasilitasi interaksi langsung antara pelajar dan perwakilan perguruan tinggi. Pameran ini juga mendorong pelajar untuk mencari tahu tentang berbagai kemungkinan jurusan, program studi, beasiswa dan program lainnya. 

Pameran ini meupakan bagian inisiatif AMINEF/EducationUSA untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan kerjasama komprehensif antara pemerintah AS dengan Indonesia pada 2010 lalu, yakni meningkatkan jumlah pelajar Indonesia di AS dan sebaliknya dalam periode lima tahun.

Pameran pendidikan yang digelar di Hotel Le Meridien, Jakarta, ini menampilkan 24 perguruan tinggi terkemuka di AS dan lembaga pendidikan lainnya yang siap memberikan beragam informasi pendidikan di institusi masing-masing bagi para pelajar dan masyarakat Indonesia.

Selain itu, perwakilan kampus AS tersebut juga akan memberikan informasi beasiswa dan beragam bantuan pendidikan yang tersedia. Pengunjung juga bisa berkonsultasi dengan bagian Konsuler Kedutaan Besar AS tentang proses pendaftaran visa pelajar di Negeri Paman Sam tersebut. Sebagai catatan, tahun lalu sekira 96% dari seluruh permohonan visa pelajar dikabulkan oleh Pemerintah AS.

Selain di Jakarta, pameran ini juga akan digelar di:

- Shangri-La Hotel, Surabaya, Rabu, 6 Februari 2013 pukul 14.00-19.00 WIB
- Sanur Paradise Plaza Hotel, Denpasar, Bali, Jumat, 8 Februari 2013 pukul 14.00-19.00 WITA, dan
- Auditorium Universitas Sam Ratulangi, Manado,  Senin, 11 Februari 2013 pukul 09.00-17.30 WITA. (fmh)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป