Politikus, Trah Pekerjaan Tertinggi di Indonesia

Kamis, 22 November 2012 12:32 wib | Rani Hardjanti - Okezone

Politikus, Trah Pekerjaan Tertinggi di Indonesia Foto : Dok Koran SI. JAKARTA - Indonesia sedang mengalami problem serius mengenai penghargaan terhadap tenaga kerja. Yang teranyar adalah masalah Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Masalah itu sebenarnya hanya sekelumit potret ketenagakerjaan di Tanah Air. Terdapat segudang masalah lainnya yang membelenggu potensi sumber daya manusia di Indonesia.

Problem ketenagakerjaan yang dihadapi negara ini, menurut Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Said Didu, disebabkan kesalahan mindset atau pola pikir. Di mana, kesuksesan dinilai dari profesi dan fasilitas yang dielu-elukan.

"Pekerjaan yang dianggap paling tertinggi saat ini adalah jadi politikus atau menteri. Ini trah yang paling tinggi di Indonesia. Sebab, menjadi politisi atau menteri selalu disambut karpet merah, ada protokoler, pergi ke mana-mana dikawal. Jadi ini membuat bangga," jelas Said, saat berbincang-bincang dengan Okezone, Rabu 21 November.

Profesi lainya yang tertinggi adalah ahli manajemen. "Kalau ahli manajemen, seakan-akan ini pekerjaan yang paling hebat," tegas Said. "Mereka bisa membikin, tetapi belum tentu bisa memproduksi. Sementara untuk memproduksi adalah pekerjaan insinyur. Sementara insinyur, bisa memproduksi dan membikinnya, tetapi sistem penggajian bagi insinyur di Indonesia jelek," dia mengimbuhkan.

Kemudian, Said memberikan contoh sosok Bill Gates. Menurutnya, Bill Gates adalah sosok engineering yang sesungguhnya. Pemilik software Microsoft ini, lanjut Said, berhasil membuktikan keunggulan engineering kepada dunia.

"Menurut saya harus ada perombakan total dari apresiasi pekerjaan dan sistem penggajian di Indonesia. Terkadang manager bisa digaji lebih tinggi dari orang yang membuat. Misalnya, orang yang mendesign teknik mobil. Gajinya bisa jadi lebih kecil dari manager," pungkasnya.
(rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Mahasiswa dan Suara Politik

Dalam urusan memilih pemimpin, apakah suara mahasiswa dalam pemilu juga penting dan ikut menentukan nasib bangsa di masa depan? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 29 Juni - 6 Juli 2014 dengan tema "Mahasiswa dan Suara Politik" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป