Bahasa Inggris Dihapus, Attitude Akan Dimasukkan Kurikulum

Kamis, 11 Oktober 2012 11:26 wib | Bagus Santosa - Okezone

Siswa SD. (Foto: dok. Okezone) Siswa SD. (Foto: dok. Okezone) JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengubah kurikulum pendidikan mulai dari jenjang sekolah dasar (SD), di antaranya penghapusan mata pelajaran bahasa Inggris. Kurikulum baru ini akan diterapkan pada 2013 mendatang.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim menjelaskan, kurikulum yang sekarang ini masih kurang tepat. Dalam setiap kurikulum terdapat tiga kompetensi, attitude, skill dan knowledge. Namun, selama ini hanya fokus kepada peningkatan knowledge dan skill.

"Banyak studi dari ahli, attitude terabaikan ketika mata pelajaran semakin banyak. Dalam penataan kurikulum ke depan, kita akan mengurangi jumlah mata pelajaran, sehingga attitude kita berikan sejak awal," papar Musliar, di Menara 165, TB Simatupang, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Musliar mengimbuh, banyaknya beban mata pelajaran yang diberikan kepada pelajar tidak tepat. "Anak lebih banyak mempelajari pelajaran ketimbang kognitifnya, maka kami akan lakukan evaluasi," jelasnya.

Masalah attitude, misalnya budi pekerti, kata Musliar, sangatlah penting. Dengan attitude baik yang ditanamkan sejak usia dini, tentu nantinya akan baik hingga dewasa.

"Kita sadari, pendidikan budi pekerti sangatlah penting, justru dari awal. Ketika anak terbentuk attitudenya dari awal, nanti ke atasnya akan baik begitu saja," ujarnya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป