UMI, Baznas & Pertamina Bangun Rumah Sehat

Senin, 08 Oktober 2012 19:05 wib | Andi Aisyah - Okezone

UMI, Baznas & Pertamina Bangun Rumah Sehat Peresmian Rumah Sehat. (Foto : Andi Aisyah/okezone) MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) bersama Badan Amil Zakat (Baznas) dan PT Pertamina membangun Rumah Sehat Baznas di Makassar, Sulawesi Selatan. Rumah Sehat ini ditujukan bagi warga kurang mampu yang ada di Makassar dan seluruh penduduk Sulawesi Selatan.

"UMI menyiapkan lahan bagi pembangunan rumah sehat ini. Kami berharap program kesehatan gratis dapat diimplementasikan di tempat ini. Rumah sehat ini bisa menjadi salah satu rujukan guna melayani kesehatan penduduk miskin di Sulawesi Selatan," ujar Ketua Yayasan Wakaf UMI Professor Mokhtar Noerjaya di peresmian Rumah Sehat Senin sore (8/10/2012).

Luas bangunan rumah sehat ini 700 meter persegi, dengan 25 orang karyawan dan lima orang dokter. Menurut Mokhtar, pihaknya mensinergikan pelayanan di Rumah Sehat Baznas dengan Rumah Sakit Ibnu Sina yang berada dalam satu lokasi yang sama.

"Kala ada pasien yang membutuhkan dokter ahli, mereka akan dirujuk ke Ibnu Sina. Rumah Sehat Baznas sudah punya 500 orang member yang telah disurvei ketat. Syarat menjadi member ya harus miskin," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum Baznas Professor Didin Hafidhuddin dalam kesempatan yang sama mengemukakan, Rumah Sehat Baznas di Makassa adalah yang keempat yang dibangun. Sebelumnya telah dibangun di Jakarta, Jogjayakarta, dan Sidoarjo.

"Kami bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pembangunan gedung dan fasilitasnya. Untuk di Makassar, Alhamdulillah, bekerjasama dengan Pertamina. Untuk operasional rumah sakit nantinya ditangani Baznas. Kami mengucurkan Rp 140 hingga Rp170 juta sebulannya guna pembiayaan rumah sehat ini," urai Didin.

Rumah Sehat Baznas Makassar menyediakan falilitas preventif (pencegahan) dan kuratif (pengobatan). Namun kata Didin, ke depan pihaknya akan mengedepankan pelayanan kesehatan preventif. Soalnya itu yang jarang tersentuh selama ini.

"Filosofinya Rumah Sehat, yang masuk sakit keluarnya sehat. Di luar mereka harus menerapkan pola hidup sehat. Di sanalah nantinya tim dari Rumash Sehat berperan aktif mendatangi pemukiman mereka," katanya.

Untuk PT Pertamina diwakili Corporate Secretary Nursatyo Argo. Kepada wartawan, Nursatyo mengungkapkan pihaknya menyiapkan dana Rp3 miliar untuk kerjasama kali ini.

Dana itu kata Nursatyo adalah bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina tahun 2012. "Pembangunan ini adalah juga bagian dari pencapaian Milenium Development Goals (MDGs) seperti angka kematian ibu, penurunan angka kematian bayi, penurunan penderita gizi buruk dan pemberantasan penyakit infeksi. Ini sejalan dengan CSR Pertamina bidang kesehatan," jelas Nursatyo.

Pembangunan Rumah Sehat ini adalah tindak lanjut Nota Kesepahaman Pertamina  dengan Baznas 17 September 2011 silam. Pembagunan gedung berlangsung sejak lima bulan silam. Kini Rumah Sehat itu siap melayani pasien.
(rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ¬Ľ