UIN Makassar Beri Beasiswa bagi Penghafal Alquran

Jum'at, 05 Oktober 2012 10:37 wib | -

Image: Corbis Image: Corbis MAKASSAR - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar memberikan penghargaan kepada hafiz dan hafizah (penghafal) Alquran yakni beasiswa kuliah gratis di universitas tersebut.

"Kami akan terus memberikan beasiswa bagi penghafal Alquran. Mereka harus diberikan bantuan apalagi penghafal Alquran merupakan ciri UIN Alauddin dan menjadi salah satu aset universitas ini," ujar Rektor UIN Alauddin Prof Dr Qadir A Gassing di Kampus II Samata Kabupaten Gowa.

Qadir berharap, mahasiswa UIN Alauddin tidak hanya cerdas intelektual tetapi juga cerdas secara emosional dan spiritual. Dengan adanya gabungan kecerdasan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat melahirkan prestasi dan karya yang dapat berguna bagi masyrakat.

Selain memberikan beasiswa kepada penghafal Alquran, UIN Alauddin juga memberikan beasiswa kepada alumni terbaik pesantren. Disebutkan, para alumni terbaik pesantren ini akan mendapatkan beasiswa yang merupakan program UIN Alauddin bekerjasama dengan Bank BNI.

"Ini merupakan tahun pertama, sudah ada 50 orang alumni terbaik pondok pesantren (ponpes) dan penghafal Alquran yang lolos seleksi. Mereka dibiayai pendidikannya mulai masuk sampai selesai," ujar Kepala Biro Bidang akademik Nuraeni.

Mahasiswa baru penghafal Alquran yang berhasil mendapatkan beasiswa ini adalah mereka yang menghafal Alquran minimal lima juz. Puluhan alumni terbaik ponpes dan penghafal Alquran tersebut berasal dari beberapa pondok pesantren di Sulawesi Selatan dan beberapa pesantren di Indonesia Timur. Beberapa pondok pesantren yang berhasil meloloskan siswanya untuk program beasiswa ini di antaranya IMMIM Makassar, Pesantren Abnul Amir, dan Pesantren Nahdatul Ulum serta sejumlah ponpes lainnya. (herni amir/koran si) (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป