Mahasiswa UGM Orator Terbaik "I Am President"

Sabtu, 15 September 2012 12:18 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Foto: dok. UGM Foto: dok. UGM JAKARTA - Kompetisi pencarian bakat pemimpin muda, I Am President, mendapuk dua mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai orator terbaik untuk wilayah Yogyakarta. Keduanya adalah M Reza Saki dari Fakultas Hukum dan Faizal Arief Kamil dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Direktur Program I Am President Dr. Muhammad Asmi menjelaskan, juri memilih tiga pemenang dari 12 peserta yang masuk final. Pemenang ketiga adalah  Muhammad Aulia, siswa SMA dari Kota Semarang. Ketiganya pun akan mewakili Yogyakarta dalam kompetisi tersebut tingkat nasional.

Salah satu anggota dewan juri, Puji Karyanto bertutur, beberapa peserta berkemampuan sangat baik dalam berpidato. Kekurangan mereka, kata Puji, pada isi pidato. Sementara, imbuhnya, mereka yang baik dalam menyampaikan pidato tidak menyampaikan solusi dengan jelas. 

Puji membeberkan, para kontestan membahas berbagai isu. Namun yang menjadi favorit adalah isu kontrak karya investasi asing, konsep pendidikan di masa depan, juga peningkatan SDM dengan daya saing global. "Mereka juga menyinggung persoalan korupsi, tapi lebih kepada upaya pemberantasan korupsi," kata dosen Universitas Airlangga tersebut.

Para pemenang dari 11 daerah akan mengikuti karantina di Jakarta untuk tampil dalam sebuah program kompetisi berformat reality show. Karantina tersebut akan memoles dan menggodok kemampuan mereka untuk menjadi penyaji yang ulung. Di Yogyakarta sendiri, kebanyakan kontestan adalah mahasiswa, yang rata-rata menjadi aktivis badan eksekutif mahasiswa (BEM) di kampusnya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป