Firdaus, Mahasiswa S-3 Malaysia Pertama di Oxford

Rabu, 12 September 2012 09:05 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Foto : Mohd Firdaus dan sang ayah/ANN Foto : Mohd Firdaus dan sang ayah/ANN HULU TERENGGANU - Mohd Firdaus, pemuda asal Kuala Terengganu, Malaysia, merupakan mahasiswa pertama dari negara tersebut yang diterima untuk melanjutkan studi di Oxford University. Pada universitas bergengsi di Inggris tersebut, pemuda berusia 24 tahun itu akan menempuh pendidikan S-3-nya.

Mohd Firdaus adalah pribadi yang selalu fokus pada perkuliahan, hati-hati dalam memilih teman, dan tidak memiliki kehidupan sosial. Namun, dia mengaku tidak keberatan tidak memiliki kehidupan sosial hingga tujuan utamanya menjadi seorang ilmuwan yang disegani terwujud. "Semua ketekunan dan kerja keras saya terbayar ketika saya diterima ke Oxford," kata Mohd Firdaus, seperti disitat dari Asia News Network, Rabu (12/9/2012).

Oktober lalu, Mohd Firdaus memperoleh gelar Honours Kelas Pertama pada jurusan bio-kimia dari Imperial College London. Kemudian, ketika melanjutkan pendidikan ke jenjang master di Oxford, Mohd Firdaus mendapatkan tawaran untuk program PhD.

Anak kedua dari empat bersaudara itu menyatakan, telah mengorbankan kehidupan sosial untuk berada di tempatnya saat ini. Dengan tawaran tersebut, Mohd Firdaus pun semakin dekat untuk mencapai tujuannya menjadi ilmuwan dan membuat keluarganya bangga.

"Saya berterima kasih atas kesempatan ini," ujar Mohd Firdaus yang berharap ke depannya dapat bekerja di sebuah perusahaan farmasi sehingga untuk melakukan penelitian dalam mengembangkan obat-obatan.

Mohd Firdaus memiliki hobi membaca novel untuk bersantai dan menghilangkan stres. "Membaca membuat pikiran saya tajam dan santai," tuturnya.

Sementara itu, sang ayah Samsuddin Mustapha Mamat (62) yang merupakan pensiunan teknisi Felcra mengaku bangga atas prestasi Mohd Firdaus. "Saya tidak pernah menekan dia untuk belajar. Dia melakukannya secara sukarela. Dia benar-benar berbakat dan seluruh keluarga sangat mendukungnya," papar Samsuddin. (mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?

Ujian nasional (UN) sudah di depan mata. Duh, harus rajin belajar nih. Sebelum menghadapi UN, perlu ritual khusus nggak sih buat kalian? Kirimkan pendapat kalian ke rubrik Suara Mahasiswa periode 8-16 Maret 2014 dengan tema "UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?" ke alamat email kampus@okezone.com. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling kece pastinya.. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป