Mahasiswa Unila Rencanakan Bentuk Partai

Minggu, 02 September 2012 09:23 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Foto: dok. Unila Foto: dok. Unila JAKARTA - Aktivitas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di berbagai kampus bisa dikategorikan sebagai praktik politik oleh kalangan mahasiswa. Berawal dari lingkup kecil, para "politikus kampus" ini banyak juga yang menjadi politikus ulung di Tanah Air.

Bagi Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPM-U) Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Lampung (Unila), aktivitas politik dalam lingkup kampus perlu diperluas lagi. Caranya, dengan mendirikan Partai Mahasiswa (Parma).

Ketua MPM Unila terpilih 2012/2013 Nofra Hardiko dan  Ketua DPM-U terpilih 2012/2013 Andhika Prayoga sepakat, keberadaan Parma akan menjadi salah satu sarana pendewasaan politik dalam student government di Unila.

"Mahasiswa yang selama ini dikenal dengan idealismenya harus belajar membawa idealismenya itu ketika harus masuk dalam ranah perpolitikan yang sesungguhnya," ujar Nofra, seperti dikutip dari laman Unila, Minggu (2/9/2012).

Kedua pemimpin muda ini mengaku, tidak khawatir dengan kemungkinan hadirnya politik praktis akibat keberadaan Parma. Nofra dan Andhika satu kata, bahwa mahasiswa Unila sudah cukup dewasa menghadapi perbedaaan pandangan politik.

"Justru hal itu harus dilatih. Kita tidak dapat menutup mata dengan kondisi perpolitikan sesungguhnya di lapangan. Dan kita juga tidak boleh tertinggal dengan salah satu prinsip demokrasi ini," kata Andhika menegaskan.

Pendirian Parma adalah salah satu agenda yang akan dijalankan Nofra dan Andhika selama masa kepemimpinannnya. Keduanya juga telah menyiapkan berbagai agenda pembenahan "pemerintahan" internal di beberapa fakultas hingga pemantauan kinerja keuangan lembaga-lembaga pemerintahan kemahasiswaan di kampus tersebut. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป