Khas Bulan Ramadan

Jum'at, 10 Agustus 2012 16:09 wib | Annisa Riris Saputri - Okezone

Foto: dok. Okezone Foto: dok. Okezone JAKARTA - Sekali dalam setahun, kaum Muslim menyambut bulan Ramadan dengan segala kebaikannya. Selain momen untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, kemeriahan dan semarak Ramadan seringkali menjadi alasan banyak orang merindukan kehadirannya. 

Sebut saja makanan khas yang biasa ditemui saat Ramadan, salat tarawih, buka bersama, hingga ajang kumpul keluarga di sela-sela kesibukan. Kesemuanya itu memberikan warna berbeda dibandingkan hari-hari biasa di luar Ramadan.

Bagi mahasiswa Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Kevin, yang khas dari Ramadan adalah varian makanan yang biasa muncul di bulan ini.

"Bulan puasa itu yang bikin beda adalah saat memilih makanan berbuka. Banyak suguhan makanan manis. Apalagi seperti kolak, pastel dan makanan lainnya yang jarang kita temui di bulan-bulan biasa," kata Kevin saat dihubungi Okezone, Jumat (10/8/2012).

Kekhasan Ramadan bagi Hafidz Akmal adalah salat tarawih dan sahur bersama keluarga. Mahasiswa Universitas Gunadarma (Gundar) ini mengungkap, di bulan lainnya, tentu saja dua kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan. Selain itu, kata Akmal, rejeki pun banyak menghampiri pedagang kecil, seperti halnya pedagang takjil di pinggir jalan.

"Satu hal lagi yang membuat Ramadan memliki ciri khas pastinya adalahmomen salat idul fitrinya," tutur mahasiswa Jurusan Teknik Informatika tersebut.

Pendapat berbeda datang dari Alfido, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya (UB), Malang. "Ketika puasa, yang paling khas adalah tidur. Soalnya, kalau puasa, tidur saja kan dihitung ibadah," ungkap Alfido santai.

Selain itu, Alfido berujar, varian minuman dingin untuk berbuka juga menjadi kekhasan bulan Ramadan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป