"Selamat Datang UI Baru! "

Kamis, 09 Agustus 2012 17:47 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Ilustrasi: ist. Ilustrasi: ist. JAKARTA - Penunjukan Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso menjadi pejabat sementara (Pjs) rektor Universitas Indonesia (UI) mendapat tanggapan positif dari gerakan UI Bersih. Selama ini, gerakan UI Bersih dikenal vokal memperjuangkan UI yang transparan dan bersih dari korupsi.

Effendi Gazali dari UI Bersih berujar, rencana penunjukan pejabat eselon satu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menempati posisi Pjs rektor UI ditanggapi beragam oleh berbagai kalangan. Salah satu kritik mereka adalah, salah satu masalah di UI ialah adanya indikasi korupsi. Apakah kemudian pantas jika Pjs yang ditunjuk berasal dari kementerian yang laporan keuangannya disclaimer menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Tapi, menurut Effendi dan UI Bersih, mengingat waktu yang sudah mendesak, maka bisa saja pejabat eselon satu dari kementerian yang relevan, dalam hal ini Kemendikbud, yang turun tangan menyelesaikan masalah. Kepemimpinan di UI sendiri akan kosong jika pada 14 Agustus tidak ada Pjs rektor, mengingat pada tanggal tersebut masa jabatan Gumilar sebagai rektor UI berakhir.

"Namun demikian akan lebih baik jika untuk pelaksanaan sehari-hari dia menunjuk semacam posisi yang akan menjamin kegiatan akademik berjalan baik," kata Effendi dalam Blackberry Messenger (BBM) kepada Okezone, Kamis (9/8/2012).

Dia mengimbuh, orang yang akan membantu Djoko menjalankan tugasnya sebagai Pjs rektor UI bisa diambil dari internal UI. Dengan catatan, orang tersebut tidak menjadi bagian dari krisis atau kisruh UI, misalnya wakil rektor bidang pendidikan.

Effendi tidak menampik, pasti tidak akan mudah menyenangkan semua pihak mengingat sejak awal bergulir, kisruh UI ini menyangkut banyak aspek, termasuk kepemimpinan otoriter,  transpransi keuangan, dan Majelis Wali Amanah (MWA) yang lemah.

"Meski demikian, semoga ke depan, sama dengan semangat yang dilontarkan Iluni, semua pihak dapat menyatakan: 'Selamat Jalan UI Lama,Selamat Datang UI Baru!'" pungkasnya.  (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป