Maba ITS & ITK Ospek Bareng

Kamis, 09 Agustus 2012 13:11 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Maba ITS dan ITS mengikuti ospek bersama-sama. (Foto: dok. ITS) Maba ITS dan ITS mengikuti ospek bersama-sama. (Foto: dok. ITS) JAKARTA - Orientasi atau masa pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (maba) sangat diperlukan mengingat perbedaan lingkungan yang harus mereka hadapi. Untuk itu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar Informasi Pengenalan ITS 2012 (IPITS) untuk maba program D-3 dan S-1. Selama tiga hari, sejak Senin 6 Agustus lalu, para maba ini terbagi dalam 26 gugus. Secara rinci 25 gugus sebagai tempat pelaksanaan IPITS dan satu gugus pusat yang terletak di ruang kemahasiswaan ITS.

Dosen D-3 Teknik Mesin ITS Bambang Sampurno menyebut, terdapat kenaikan jumlah gugus pada IPITS kali ini dibandingkan tahun lalu. ''Jumlah mahasiswa bertambah karena penambahan jurusan dan mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Jadi memang jumlah gugusnya harus ditambah,'' kata Bambang, seperti disitat dari ITS Online, Kamis (9/8/2012).

Dalam IPITS, para maba mendapat penjelasan terkait administrasi, pendidikan, dan keuangan di hari pertama. Sementara di hari kedua, diisi tentang informasi kemahasiswaan. Pokok penekannya ada pada kegiatan organisasi mahasiswa dan Satuan Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa (SKEM). Hal yang membedakan dari tahun sebelumnya adalah materi tentang Organisasi Tata Kerja (OTK) terbaru ITS. ''Isinya meliputi struktur ITS terbaru. Selain itu, materi tentang kewirausahaan juga menjadi nilai pembeda IPITS tahun in," ujarnya menambahkan.

Di hari ketiga, kegiatan IPITS dilaksanakan oleh jurusan yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah sesi jurusan yang meliputi materi organisasi jurusan, kurikulum, serta cara belajar yang efektif. Sementara sesi kedua diserahkan pada himpunan. Tujuannya, agar maba dapat mengenal hal-hal yang terkait himpunan jurusan. Dalam kesempatan tersebut, maba juga mendapatkan materi mengenai laboratorium di masing-masing jurusan.

Tahun ini ITS mendapatkan kehormatan untuk mendidik mahasiswa ITK. Bagaimanapun,100 maba ITK merupakan bagian dari maba ITS tahun ini. Untuk itu, mereka tetap mendapat kewajiban mengikuti IPITS. Bambang mengimbuh, tidak ada perbedaan pelaksanaan IPITS untuk maba ITK. Mereka membaur dengan mahasiswa ITS. "Kami harap, mereka juga mendapatkan informasi yang sama,'' ujar dosen D-3 Teknik Mesin ITS tersebut.

Integrasi ini juga dilaksanakan dalam rangka mengusahakan mahasiswa ITK agar dapat belajar dari ITS. Hal ini cukup beralasan mengingat ke depan mereka akan menjadi pionir di ITK baik dalam bidang akademik maupun kemahasiswaan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป