2013, Bidik Misi Targetkan 50 Ribu Mahasiswa

Rabu, 08 Agustus 2012 14:17 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Ilustrasi: ist. Ilustrasi: ist. JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana meningkatkan kuota penerima beasiswa pendidikan untuk siswa miskin berprestasi (Bidik Misi) menjadi 50 ribu mahasiswa pada tahun depan.

Penambahan ini, kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, sesuai dengan instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menggelar sidang kabinet terbatas di kantor Kemdikbud, beberapa waktu lalu. Presiden, saat itu meminta kepada mendikbud untuk menaikkan kuota Bidik Misi. Menurut Nuh, jika menggunakan perhitungan kuota dan besaran untuk kenaikan tersebut, maka wajarnya ada kenaikan 10-20 persen.

"Jika diambil kenaikan 20 persen, maka kurang lebih akan ada 50 ribu penerima Bidikmisi tahun depan. Namun demikian, jumlah tersebut masih belum final," kata Nuh, seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud, Rabu (8/8/2012).

Perhitungan riilnya, ujar Nuh, masih perlu dihitung sesuai dengan inflasi yang tengah berlaku.

Nuh berharap, penerima Bidik Misi tidak dimonopoli oleh para siswa di perkotaan. Siswa-siswa di daerah pun memiliki hak dan kesempatan yang sama. Karena itulah, menurut Nuh, Kemendikbud terus menyosialisasikan program ini ke berbagai daerah.

"Jangan sampai kelompok di perkotaan saja yang mendapatkan kesempatan. Karena yang tahu informasinya hanya di perkotaan," imbuhnya.

Bidik Misi menyediakan kuota 30 ribu beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu dan berprestasi. Melalui APBN-P, ada penambahan 12 ribu beasiswa lagi menjadi 42 ribu, dan 2.000 di antaranya untuk perguruan tinggi swasta (PTS). (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป