Tunjangan Profesi Dongkrak Peminat Ilmu Keguruan

Selasa, 07 Agustus 2012 18:05 wib | Annisa Riris Saputri - Okezone

Foto: dok. Okezone Foto: dok. Okezone JAKARTA - Perhatian pemerintah kepada para guru melalui tunjangan sertifikasi berdampak positif pada dunia pendidikan keguruan.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Universitas Lampung (Unila) Bujang Rahman mengaku, upaya pemerintah tersebut membuat peminat fakultas yang dipimpinnya meningkat drastis. "Kebijakan pemberian tunjangan profesi guru berpeluang memberikan efek ganda bagi peningkatan mutu guru di masa mendatang," ujar Bujang, seperti dinukil dari laman Unila, Selasa(7/8/2012).

Di sisi lain, kata Bujang, meningkatnya pendaftar di FKIP akan meningkatkan pula persaingan yang harus mereka tempuh. Terlebih,  Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) ini sudah menjadi primadona dalam seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi.

Selain itu, kebijakan tunjangan guru juga akan menggeser nilai guru yang telah tergores selama ini. Bujang mengatakan, fenomena tersebut semakin membuat mahasiswa yang mendaftar ke pendidikan keguruan seolah hanya berorientasi kepada materi yang akan didapatkan nanti.

"Kalau dilakukan survei mengapa mereka masuk FKIP pasti karena gaji guru yang cukup besar," ujarnya.

Bujang mengingatkan, untuk menjadi seorang guru tidak hanya butuh kompetensi yang baik di bidang akademik, tetapi juga dibutuhkan dedikasi yang tinggi. "Dan yang paling penting adalah ketulusan hati untuk menjadi seorang pendidik. Hal ini tidak bisa diukur hanya denga tes seperti SNMPTN yang berhasil mereka taklukan," pungkasnya.
(rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป