Hampir Punah, FISIP UI Gelar Budaya Papua Kamoro

Sabtu, 04 Agustus 2012 12:20 wib | Annisa Riris Saputri - Okezone

Foto : Annisa Riris Saputri (okezone) Foto : Annisa Riris Saputri (okezone) JAKARTA - Bentara Budaya Jakarta (BBJ) menyelenggarakan Pekan Ragam Budaya Papua : Orang Kamoro. Acara yang berlangsung sejak 31 Juli itu terselenggara oleh Papua Center besutan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI). Acara ini bertujuan meluaskan budaya Papua kepada masyarakat luas sehingga mereka mengetahui kehidupan serta karya-karya orang Kamoro.

Kepala Suku Kamoro Thimotius Samin mengutarakan, berbagai kebiasaan orang Papua hingga kerajinan yang terdapat di dalam pameran tersebut. Bapak yang dituakan ini sangat antusias mengajak Okezone untuk mengenali satu per satu hasil karya tangan orang-orang Papua yang sedang menunjukan kemampuan mengukir.

"Acara ini untuk mengangkat budaya Papua Kamoro yang sudah hampir punah agar bisa dilestarikan kembali sehingga Kamoro bisa di-Indonesiakan," kata Thimo yang menggunakan atribut adat yang terbuat dari burung kasuari yang menandakan sedang menjalani acara pesta di BBJ, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (4/8/2012).

Pameran ini hanya salah satu media bagi masyarakat untuk mengenal lebih dekat budaya Papua. Namun, kata dia, di Unit Kesenian Masyarakat (UKM) juga terdapat galeri yang juga menyimpan berbagai hasil kerajianan orang Papua Kamoro.

Pada acara perdana ini juga dilakukan pemutaran film mengenai kehidupan sehari-hari orang Papua Kamoro. Film tersebut menampilkan cara mereka berlaut, makanan yang biasa mereka makan, serta bagaimana mereka mengolah makanan yang mereka makan.

"Orang-orang Papua ini biasanya makan makanan yang dibakar. Bahkan untuk sagu, yang merupakan makanan pokok mereka juga mereka santap dengan dibakar," tandas narasumber lain, Jefri. (mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป