UMI Kaji Perbedaan Waktu Imsak

Rabu, 01 Agustus 2012 09:35 wib | -

Image: Corbis Image: Corbis MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengkaji timbulnya perbedaan penafsiran ayat-ayat Alquran yang sering muncul di antara para ahli tafsir. Salah satunya adalah perbedaan penentuan waktu imsak.

Bahasan tersebut menjadi topik utama dalam diskusi Amaliah Ramadan yang digelar oleh UMI kemarin. Salah satu narasumber, Prof. Dr. HM Ghalib berkata, adanya perbedaan tersebut karena perbedaan latar belakang para ahli tafsir yang menyebabkan terjadinya perbedaan pemahaman. Selain itu, ayat-ayat yang turun berbeda asbaab nuzulnya (sebab turunnya).

Menurut Prof. Galib, yang paling mengerti ayat-ayat Alquran adalah Allah SWT. Hanya saja, banyak orang yang salah faham terhadap kandungan Alquran, karena penfsiran dilakukan secara harfiah. Dia mencontohkan, ayat yang terkait dengan waktu imsak dengan melihat benang hitam dan benang putih. "Ada yang memahami secara harfiah, padahal yang dimaksud benang putih adalah terbitnya fajar (terang) dan benang hitam (gelap)," bebernya.

Diskusi tersebut dipandu Dr. HM Arfah Shiddiq dan dihadiri Ketua LPDKI UMI Dr. HM Ishaq Shamad, Dekan Fakultas Agama Islam UMI HM Hasibuddin, para Wakil Dekan IV UMI, dan sejumlah dosen UMI. Arfah Shiddiq berujar, kegiatan ini merupakan bagian dari amaliah Ramadan yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadan. Menurutnya, kajian kali ini membahas "Sejarah Perkembangan Tafsir", karena sangat sedikit jumlah sahabat yang menjadi mufassir (ahli tafsir). (herni amir/koran si) (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?

Ujian nasional (UN) sudah di depan mata. Duh, harus rajin belajar nih. Sebelum menghadapi UN, perlu ritual khusus nggak sih buat kalian? Kirimkan pendapat kalian ke rubrik Suara Mahasiswa periode 8-16 Maret 2014 dengan tema "UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?" ke alamat email kampus@okezone.com. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling kece pastinya.. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป