Ratusan Mahasiswa Asing Ajukan Izin Tinggal di Depok

Selasa, 31 Juli 2012 09:38 wib | Marieska Harya Virdhani - Okezone

Image: Corbis Image: Corbis DEPOK – Ratusan mahasiswa dari negara asing mengajukan izin tinggal di kota Depok. Kantor Imigrasi Kota Depok mencatat, hampir 80 persen orang asing yang datang ke Kota Depok berstatus mahasiswa.

Kepala Seksi Lalu Lintas Status dan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kota Depok, Ahmad Zaini berkata, kebanyakan dari para mahasiswa asing ini kuliah di kampus Universitas Indonesia (UI).  Untuk bulan ini saja, kata Zaini, terdapat 65 mahasiswa asing mengajukan izin tinggal. Sebanyak 25 siswa berasal dari Korea, 13 dari Jepang, dan sisanya dari negara-negara lain.

"Dari Januari sampai sekarang jumlahnya mencapai 387 mahasiswa. Sisanya mereka yang bekerja dan ikut keluarga," kata Zaini kepada wartawan, kemarin.

Zaini menilai dipilihnya Kota Depok sebagai kota tujuan pendidikan karena dua negara besar di Asia, seperti Korea Selatan dan Jepang, memiliki kerjasama dengan UI. Secara kebetulan, ungkap dia, lokasi kampus UI berada di Kota Depok. "Kalau tidak salah, mahasiswa-mahasiswa yang datang ke Indonesia kebanyakan memperdalam jurusan sastra," ujarnya.

Dalam tempo tujuh bulan saja, 542 orang asing mengajukan izin tinggal di Kota Depok. Mereka terdiri dari mahasiswa, pekerja, dan keluarga pekerja.  Kebanyakan orang asing tersebut berasal dari Korea dan Jepang. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป