Binusian Buka Puasa Bersama Warga

Senin, 30 Juli 2012 18:01 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Buka Puasa Binus. (Foto : RIfa Nadia Nurfuadah/Okezone) Buka Puasa Binus. (Foto : RIfa Nadia Nurfuadah/Okezone) JAKARTA - Kampus punya berbagai cara untuk mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar. Salah satunya dilakukan Universitas Bina Nusantara melalui acara buka puasa bersama dengan warga di sekitar kampus Anggrek, Jalan Kebon Jeruk Raya, Jakarta Barat.

Sejak sekira pukul 16.00 WIB, ratusan warga dan civitas academica Universitas Bina Nusantara berbaur mendengarkan tausiyah yang disampaikan Sinta Nuriyah Wahid. Mengusung tema "Puasa Sebagai Perisai Kemiskinan", Sinta bercerita tentang rutinitasnya menyelenggarakan sahur bersama dengan kaum termarjinalkan, yakni para waria dan narapidana.

Menurut Sinta, keberadaan kaum termarjinalkan ini seringkali dipandang sebelah mata. Padahal, sejatinya mereka sama-sama manusia yang butuh diperhatikan dan disayang. Sinta mengaku, melalui kegiatan sahur bersama ini dia ingin menunjukkan pentingnya rasa saling menghargai, menghormati, dan bergotong-royong sesuai falsafah bangsa.

"Selain itu, kegiatan ini juga mengajarkan pentingnya saling berbagi agar saudara sesama muslim dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan sebaik-baiknya," kata Sinta di Kampus Anggrek Universitas Bina Nusantara, Senin (30/7/2012).

Wanita yang sore ini mengenakan tunik dan kerudung hijau itu bertutur, selain mempererat silaturahim, dia juga ingin memperkenalkan nilai dan makna puasa sesungguhnya kepada orang-orang yang diajaknya sahur bersama. "Saya juga belajar nilai-nilai kehidupan dari sesama muslim yang kurang beruntung," imbuhnya.

Dalam acara buka puasa bersama ini, Universitas Bina Nusantara melalui Teach for Indonesia juga memberikan ratusan paket sembako dan bantuan biaya pendidikan kepada masyarakat di sekitar kampus. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Rektor Universitas Bina Nusantara Harjanto Prabowo dan Pembantu Rektor III Universitas Bina Nusantara Andreas Chang.
  (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป