Tips Halau Copet di Tempat Umum

Kamis, 19 Juli 2012 19:23 wib | Annisa Riris Saputri - Okezone

Image: Corbis Image: Corbis JIKA sebelumnya kita sudah menyimak artikel mengenai alasan mahasiswa lebih memilih menggunakan gadget dan kasus mengenai pencopetan gadget, kini Okezone akan mengulas mengenai tips aman menjaga gadget di tempat umum.

Biasakan mulai dengan doa


Sedari kecil kita sudah diajarkan untuk berdoa jika ingin berpergian. Berdoa selain menentramkan hati juga bisa menjadikan kita lebih dekat dengan Sang Pencipta. Dengan begitu, kita akan lebih tenang memulai aktivitas.

Jangan pamerkan barang berharga

Simpan barang berharga seperti handphone dan dompet dengan rapi di dalam tas. Jangan sampai kita terlihat seperti toko berjalan karena menenteng banyak handphone sehingga mengundang kejahatan.

Jangan mudah percaya dengan orang asing


Seringkali kita mendapati orang bingung bertanya rute jalan. Jangan sampai kita terjebak dengan modus yang satu ini. Memang tidak semuanya merupakan modus operandi, tetapi ada sebaiknya kita tetap waspada dan hindari kontak mata.

Hindari tempat duduk di bagian belakang bus


Bus adalah salah satu target yang paling dibanjiri pencopet. Mawas diri dalam bus adalah hal utama yang harus dimiliki pengguna setia bus angkutan umum. Tempat duduk belakang di bus-bus tersebut biasanya menjadi incaran empuk pencopet karena bisa dengan mudah mendapati penumpang yang naik maupun turun dan tidak terlalu dicurigai.

Pakai tas yang sulit dibuka


Jika ingin menaiki angkutan umum baik bus maupun kereta, penggunaan tas jenis ini sangat berguna. Tas yang sulit dibuka bisa menyulitkan pencopet yang berusaha membobol tas kita. Dengan begitu, kita akan cepat sadar jika merasakan hal yang berbeda dari tas yang kita kenakan. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป