Elins Robo Competition UGM Banyak Peminat

Senin, 16 Juli 2012 17:05 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Foto : UGM Foto : UGM JAKARTA - Sebanyak 98 tim robot dari perguruan tinggi dan SMA meramaikan Kontes Robot Line Follower Ebootec (Elins Robo Competition) di Fakultas Matematika dan IPA Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM). Para peserta ini terdiri 40 tim SMA sedangkan sisanya dari berbagai PT, di antaranya Universitas Islam Indonesia (UII), PENS ITS, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Kegiatan yang diselenggarakan rutin tiap tahun oleh jurusan elektronika dan instrumentasi (elins) bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa dan siswa dalam memajukan robotika nasional. "Ini tahun kedua, kita selenggarakan khusus robot line follower," kata ketua panitia, Fariz Alemuda, seperti dilansir dari situs UGM, Senin (16/7/2012).

Alasan memilih jenis robot line follower, menurut Fariz, karena jenis robot ini umumnya paling digemari oleh mahasiswa. Bahkan cara kerja lewat robot line follower merupakan tahap dasar dalam pengembangan robot tahap lanjut. "Robot ini yang banyak dikembangkan mahasiswa. Dasar dari teknologi robot saat ini," ujarnya.

Dalam kontes robot line follower, robot harus mampu mendeteksi garis dari sensor yang dipasang di robot tersebut. Kemampuan robot dalam mengikuti rintangan berupa garis hitam berkelok dalam waktu paling cepat mencapai finish dianggap sebagai pemenang.
 
Namun, saat perlombaan berlangsung, tidak jarang robot tidak bisa melaju. Bahkan ada yang melaju namun keluar dari lintasan. "Kita beri kesempatan tiga kali, yang tidak bisa menyelesaikan tugasnya, maka akan didiskualifikasi," tukasnya. (mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป