DIY, Model Sentra Agroindustri Kakao

Senin, 16 Juli 2012 11:15 wib | (koran Sindo) - Koran SI

DIY, Model Sentra Agroindustri Kakao Ilustrasi : ist. YOGYAKARTA – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan sentra agroindustri komoditas kakao di Provinsi DIY. Rencananya, setiap desa di DIY yang mampu menjadi penghasil kakao akan dibangun sebagai sentra agroindustri pengolahan.

“Desa-desa di DIY ini rencananya akan dijadikan model percontohan pengolahan kakao. Dan agroindustri yang dikembangkan nantinya diterapkan di desa-desa lain penghasil kakao di seluruh Tanah Air. Tujuannya, meningkatkan produksi dan nilai tambah komoditas kakao,” kata Dekan FTP UGM, Djagal Wiseso Marseno seusai penandatangan nota kesepahaman kerjasama sistem pengembangan kakao berkelanjutan dan peningkatan nilai tambah, kemarin.

Dirjen Perkebunan Kementan RI Gamal Nasir MS mengatakan, pemerintah telah mencanangkan Indonesia sebagai penghasil biji kakao terbesar di dunia pada 2014. Saat ini, Indonesia masih berada di posisi ketiga setelah Pantai Gading dan Ghana.

“Negara kita sudah dan masih menjadi pemasok utama kebutuhan biji kakao dunia sebesar 13,6 persen dari total kebutuhan,” ungkap Gamal. (ratih keswara) ( (koran Sindo)/Koran SI/mrg)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »