Memperbaiki Kesalahan

Sabtu, 14 Juli 2012 09:15 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Memperbaiki Kesalahan Image: Corbis BANYAK orang mengejar kesempurnaan. Entah dia seorang mahasiswa, atlet, karyawan, pengusaha, atau profesional lainnya. Tetapi, sering kali, sebagai manusia kita melakukan kesalahan. Terkadang, kesalahan kecil pun berakibat fatal dan membuat kita tertekan untuk beberapa lama.

Tetapi tidak usah khawatir, Direktur Layanan Karier di Emerson College Carol Spector punya tips untuk memperbaki kesalahan yang umum terjadi dalam dunia profesional. Berikut tipsnya, seperti dilansir Her Campus, Sabtu(14/7/2012).

Kesalahan: Melupakan janji temu dengan dosen dan sudah terlambat untuk menghadirinya.

Perbaikan: Beri tahu dosen begitu kita menyadari apa yang terjadi, melalui telepon, pesan singkat, ataupun email.  Mintalah maaf, sampaikan penyesalan kita, dan minta penjadwalan ulang dengannya.


Kesalahan: Kelelahan di hari kerja paruh waktu karena terlalu asyik hang out malam sebelumnya.

Perbaikan: Tergantung pada pekerjaan. Jika kita melakukan pekerjaan yang aktif seharian, telepon atasan seawal mungkin dan minta izin karena tidak enak badan. Katakan pada si bos bahwa kita akan menyediakan pengganti sementara. Jika pekerjaanmu di belakang meja, tetap datang dan bekerjalah sebaik mungkin. Beberapa gelas kopi bisa untuk mendongkrak semangat.


Kesalahan: Terlambat masuk kelas yang diampu dosen tegas.

Perbaikan:
Segera duduk dan bicaralah dengan sang dosen usai kelas. Minta maaf karena telah mengganggu kelasnya, kemudian beritahu dia mengapa kamu terlambat dan berjanjilah hal itu tidak akan terjadi lagi.


Kesalahan: Ketika di kelas, sedang asyik-asyiknya mengintip laman gosip selebriti dengan laptop dosen bertanya kepada kita. Karena konsentrasi terganggu, jawaban kita pun enggak nyambung.

Perbaikan:
Jangan permalukan diri dengan mencoba mencari alasan yang dibuat-buat. Responslah dengan meminta sang dosen mengulang pertanyaannya. Jika tetap tidak tahu, mengaku saja. Jika sang dosen terganggu dengan penyalahgunaan hak penggunaan laptop di kelas, mintalah maaf usai kuliah. Kemudian, jangan bawa laptop untuk beberapa minggu.


Kesalahan: Lupa memberi tahu supervisor magang bahwa kita tidak bisa masuk besok karena ada acara keluarga.

Perbaikan:
Tidak usah panik. Secepatnya dekati dan bicaralah baik-baik dengan atasan kita, jangan menunda lagi.  Beri tahu dia tentang acara itu, dan minta maaf karena lupa memberi tahunya sejak minggu lalu. Bisa juga berjanji kepada si bos, kita bersedia mengganti hari kerja yang dipakai itu.


Kesalahan:
Menemukan email yang terkirim berminggu-minggu lalu dan butuh jawaban segera.

Perbaikan:
Jangan memberi alasan kepada si pengirim email. Katakan sejujurnya kita luput membaca email tersebut. Mintalah maaf, dan berjanjilah bahwa kita akan memenuhi semua yang mereka butuhkan secepat mungkin. 


Kesalahan:
Menjadi satu-satunya orang yang mengenakan jeans di hari pertama magang dan ditegur oleh supervisor magang karena pilihan baju yang sangat kasual itu.

Perbaikan:
Beri tahu si supervisor bahwa kita tidak mengetahui kebijakan tentang kode berpakaian, dan berjanji hal itu tidak akan terjadi lagi. Lain kali, ketika mendatangi interview kerja, perhatikanlah bagaimana orang-orang di kantor yang kita datangi berpakaian. Atau biar lebih jelas, bertanya saja tentang kode berpakaian. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »