Mahatva Unpad Ulik Potensi Obat di Sunda Lesser Island

Selasa, 10 Juli 2012 13:15 wib | Iman Herdiana - Okezone

Image: Corbis Image: Corbis BANDUNG - Perhimpunan Mahasiswa Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Mahatva (PMPR & PG Mahatva) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) akan melakukan eksplorasi di Kawasan Sunda Lesser Island pada 10 – 14 Juli 2012.

Kepala UPT Humas Unpad Weny Widyowati berkata, eksplorasi tersebut dilakukan untuk menggali Potensi Obat dan Pangan di kawasan Sunda Lesser Island. Tim PMGR dan PG Mahatva Unpad akan memfokuskan kegiatannya di di Taman Nasional Komodo (Pulau Komodo), Taman Nasional Laiwangi Wanggameti dan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru (Pulau Sumba), dan Taman Nasional Kelimutu (Pulau Flores).

"Sunda Lesser Island merupakan salah satu bagian dari wilayah yang dikenal dengan 'Wallacean Line', garis yang memisahkan sebaran perbedaan flora dan auna di wilayah tengah Indonesia," ujar Weny melalui rilisnya kepada Okezone, Selasa (10/7/2012).

Weny mengimbuh, dasar pemilihan lokasi ekspedisi adalah, selain karena keanekaragaman hayati yang terdapat di wilayah tersebut, juga sebagai tindak lanjut dari ekspedisi barat Indonesia di Pulau Sumatera pada 2011

"Rangkaian ekspedisi ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan  inventarisasi plasma nutfah potensi pangan dan obat, sebelum nanti dikembangkan melalui teknik budidaya," terangnya.                                            

Bentuk kegiatan eksplorasi meliputi susur pantai, susur sungai, panjatan artificial dan pendakian gunung.  Sedangkan tim yang akan terjun langsung ke lapangan terdiri dari empat orang, yaitu: Maria Orisa, Adam Darmawan, Jati Kusuma, dan Lutfi Khairul Anwar.  Mereka merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian Unpad. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป