UNM Buka Jalur Mandiri

Senin, 09 Juli 2012 09:58 wib | -

Image: Corbis Image: Corbis MAKASSAR –  Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (PMBM) untuk mengakomodasi lulusan SMA sederajat yang tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pendaftaran melalui PMBM tersebut dilaksanakan sejak 1-11 Juli.

PMBM UNM 2012 terdiri atas mandiri A yakni seleksi calon mahasiswa melalui ujian tulis, mandiri B melalui ujian keterampilan seni dan olahraga, serta mandiri C seleksi calon mahasiswa dengan latar belakang ekonomi lemah dan berprestasi/ berbakat (Bidik Msi). "Pendaftaran jalur mandiri A dan B dilakukan secara online melalui situs www.pmbm.unm.ac.id sejak 1-11 Juli," kata Kepala Humas UNM Jamaluddin Mulbar.

Pendaftar yang memilih mandiri A dan B membayar biaya pendaftaran Rp300 ribu melalui Bank Tabungan Negara (BTN). Seleksi mandiri A dilakukan dengan tes potensi akademik pada 14 Juli dan tes wawancara 15 Juli. Sedangkan seleksi mandiri B dilakukan melalui tes keterampilan (bakat) untuk jurusan seni, olahraga dan teknik pada 14 dan 15 Juli. Sedangkan pendaftaran mandiri C tidak dipungut biaya. Pendaftar membawa langsung berkas persyaratan ke Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UNM. Tes jalur mandiri C dilakukan dengan verifikasi berkas dan wawancara pada 16 Juli.

Salah satu syarat pendaftaran mandiri C yakni masuk peringkat 30 persen terbaik di sekolahnya, serta fotokopi KK miskin atau surat keterangan tidak mampu yang disahkan oleh kepala desa/lurah. "Sedangkan hasil PMBM UNM 2012 diumumkan 25 Juli melalui BAAK UNM dan website www.unm.ac.id," katanya.

Jamaluddin mengemukakan, UNM menekankan kepada calon mahasiswa untuk tidak percaya kepada oknum-oknum yang menawarkan jasa untuk bisa masuk di UNM. "Pendaftaran masuk di UNM semua dilakukan sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan. Tidak ada pendaftaran melalui penawar jasa atau calo," ujarnya. (supyan umar/koran si) (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป