Serba Online di Pimnas 2012

Senin, 09 Juli 2012 09:15 wib | -

Logo Pimnas ke-25 (ist.) Logo Pimnas ke-25 (ist.) YOGYAKARTA – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai panitia penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-25 akan menerapkan sistem teknologi informasi terpadu selama kegiatan adu intelektualitas mahasiswa se-Indonesia berlangsung. Pimnas ke-25 akan dihelat pada 9-14 Juli 2012.
 
Koordinator Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pimnas Wahyudi ST MT mengatakan, pada penyelenggaraan tahun ini panitia akan menggunakan sejumlah sistem informasi teknologi seperti untuk registrasi online, presensi, dan presentasi. "Sistem tersebut baru pertama kali digunakan dan akan digunakan panitia, peserta, maupun dewan juri," ujar Wahyudi kemarin.

Dia menjelaskan, seluruh peserta Pimnas diberi masing- masing satu akun. Tiap universitas diwajibkan mengisi data peserta yang diperlukan sehingga secara cepat dapat diketahui jumlah peserta serta dosen pendamping yang akan datang. Berdasarkan catatan, jumlah peserta dan pendamping yang akan hadir 2.000 orang.

"Ini sangat penting untuk distribusi pembagian hotel, pasti akan lebih tertib. Meskipun ada peserta yang terlambat, yang pasti mereka telah menyelesaikan registrasi," ungkapnya.

Penyelenggaraan Pimnas ke-25 tahun ini akan diawali dengan pawai peserta pada Senin (9/7/2012) pukul 16.00 WIB. Pawai yang akan dimeriahkan puluhan Andong dan Prajurit Keraton Yogyakarta serta iringan Marching Band UMY ini mengambil rute dari Asri Medical Center Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (AMC-UMY) di Jalan HOS Cokroaminoto menuju Jalan Pembela Tanah Air lalu Jalan Pasar Kembang, Jalan Malioboro, dan berakhir di Alun-alun Utara.

Koordinator Pelaksanaan Pawai Pimnas Ke-25 Endro Dwi Hatmanto MPd mengatakan, total peserta Pimnas yang akan mengikut pawai sekira 150 orang. Pawai ini menjadi hal yang membedakan Pimnas di UMY dengan kegiatan Pimnas yang diselenggarakan tahun sebelumnya. "Pawai ini bertujuan menautkan hati para peserta Pimnas dengan khazanah kultural Kota Yogyakarta. Setiap perguruan tinggi diminta mengirimkan wakil yang akan ikut dalam pawai dan penjemputan mereka akan menggunakan beberapa bus pada pukul 14.00 WIB untuk sampai di AMC, ”katanya.

Setelah mengikuti pawai, para peserta akan mengikuti makan malam di Pagelaran Keraton Yogyakarta bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Bowono X dan disuguhkan beberapa kesenian khas Yogyakarta. Dari kegiatan pawai tersebut, Endro berharap peserta memiliki rasa handarbeni, kepemilikan, dan tanggung jawab bersama untuk mengikuti kegiatan Pimnas dengan sebaik-baiknya. "Dengan keterlibatan para peserta tersebut diharapkan pelaksanaan Pimnas kali ini juga bisa sukses," tambahnya. (ratih keswara/koran si) (//rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?

Ujian nasional (UN) sudah di depan mata. Duh, harus rajin belajar nih. Sebelum menghadapi UN, perlu ritual khusus nggak sih buat kalian? Kirimkan pendapat kalian ke rubrik Suara Mahasiswa periode 8-16 Maret 2014 dengan tema "UN Perlu Pakai Ritual Nggak Sih?" ke alamat email kampus@okezone.com. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling kece pastinya.. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป