21 Ribu Pengunjung Padati Career Days UGM

Kamis, 05 Juli 2012 18:02 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

21 Ribu Pengunjung Padati Career Days UGM Foto : UGM JAKARTA - Career Days Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta XI dipadati oleh sekira 21 ribu pencari kerja. Pada kegiatan yang digelar selama dua hari ini, ditawarkan lebih dari 600 posisi oleh 77 perusahaan yang turut berpartisipasi.

Ketua panitia kegiatan Nurhadi mengatakan, career days kali ini dipadati para pencari kerja yang berasal dari berbagai daerah. “Bahkan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang juga ada yang ikut dalam career days ini,” kata Nurhadi, seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (5/7/2012).

Melalui kegiatan ini, Nurhadi berharap dapat menyerap ratusan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. “Harapannya bisa menyerap SDM sebanyak mungkin yang dibutuhkan perusahaan,” katanya menambahkan.

Dia mengungkap, kebanyakan kegagalan yang dialami para pencari kerja lebih disebabkan oleh lemahnya penguasaan soft skill. "Meskipun memiliki kemampuan akademik yang bagus, banyak yang gagal saat melalui psikotes dan wawancara dengan HRD dan user. Rata-rata secara akademik bagus, tetapi tidak lolos karena soft skill-nya lemah,” tutur Nurhadi.

Di samping itu, lanjutnya, faktor kesehatan memiliki peran yang cukup besar dalam seleksi suatu perusahaan. Setidaknya 58 persen pencari kerja mengalami kegagalan saat tes kesehatan karena pola hidup yang salah. “Selain soft skill, kesehatan juga menjadi momok terbesar dalam seleksi kerja,” imbuhnya.

Melihat kondisi tersebut, Engineering Career Center (ECC) Fakultas Teknik UGM menyelenggarakan program pelatihan soft skill dan online assessment yang telah berjalan beberapa waktu lalu. Program tersebut memungkinkan seseorang untuk lebih mengenali diri dan meningkatkan kemampuan diri sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. “Lewat soft skill training dan online assessment, kami mengajak para pencari kerja dan mahasiswa untuk mengembangkan diri sesuai tuntutan dunia kerja,” tuturnya.

Rektor UGM yang diwakili oleh Asisten Wakil Rektor Bidang Alumni dan Pengembangan Usaha Bambang Purwono mengatakan, Career Days ECC UGM ini diharapkan tidak hanya sebagai wadah yang mempertemukan pencari kerja dan perusahaan. Tapi juga mendatangkan masukan dari perusahaan mengenai lulusan yang dihasilkan UGM.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya tempat rekrutmen saja, tetapi kami juga meminta masukan terkait kelemahan maupun kelebihan yang dimiliki lulusan UGM. Masukan tersebut akan dipakai untuk melakukan telaah kurikulum bagaimana yang sebaiknya dikembangkan ke depan,” ujar Bambang.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UGM Tumiran menyebut, kegiatan ini memudahkan para pencari kerja dalam meniti karier. Pencari kerja dan perusahaan dipertemukan dalam satu tempat. “Kegiatan ini sangat menolong pencari kerja, memberi kemudahaan dan juga tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Datang di satu tempat bisa melamar ke berbagai perusahaan,” tuturnya.

Tumiran menambahkan, UGM menekankan komitmen dan integritas kepada setiap mahasiswanya. Hal tersebut diharapkan dapat ikut menjamin pertumbuhan dan keberlangsungan perusahaan. Kegiatan bertajuk 'Influencing, Inspiring' ini diselenggarakan sejak kemarin di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM. Career Days UGM XI diikuti oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang automotif, perbankan, pangan, keuangan, farmasi, konstruksi, tambang, dan media.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA »