Siap-Siap Merantau

Selasa, 03 Juli 2012 15:07 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Siap-Siap Merantau Image: Corbis APAKAH kamu memilih kampus di luar daerah sebagai tujuan studi? Jika ya, maka kamu harus bersiap menjadi mahasiswa rantau. Dapat dipastikan, kamu harus ngekos, terutama jika kamu enggak punya saudara di daerah tujuanmu.

Nah, sebelum menjadi mahasiswa rantau, apa yang harus kamu lakukan?

Informasi

Cari tahu semua informasi yang kamu butuhkan tentang daerah tujuanmu. Rute perjalanan dari kota asalmu, rute ke kampus pilihanmu, hingga lokasi sekitar yang dapat kamu pilih sebagai tempat tinggal selama kamu menuntut studi.

Cari tahu juga biaya hidup bulanan rata-rata yang kamu butuhkan untuk hidup di sana. Kamu bisa juga mempelajari berbagai budaya dan kebiasaan masyarakat setempat untuk mengurangi jetlag yang mungkin kamu rasakan.

Kontak

Jika memungkinkan, carilah kontak orang yang berdomisili di daerah tujuanmu. Kontak ini bisa jadi saudara, teman, atau kakak kelasmu.

Begitu kamu mendapat kepastian akan menempuh studi di luar kota, segera hubungi mereka, siapa tahu mereka bisa membantumu dengan berbagai urusan kepindahan.

Packing

Menempuh studi di luar kota kelahiranmu sudah pasti mengharuskanmu mengemas barang-barang yang akan kamu bawa merantau. Jika daerah tujuanmu tidak terlalu jauh, kamu bisa mencicil barang yang mau kamu bawa. Sebagai awal, kamu bisa menyiapkan baju sehari-hari, termasuk baju-baju untuk kuliah; alat mandi, perangkat komputer atau laptop lengkap dengan chargernya, alat makan secukupnya, selimut dan perlengkapan tempat tidur.

Jangan lupa, pastikan kamu membawa semua dokumen yang akan kamu butuhkan seperti kartu tanda pengenal (KTP), akte kelahiran, dan ijazah-ijazah. Kamu bisa juga menyimpan dokumen-dokumen tersebut dalam bentuk file elektronik.

Jika kamu akan menjadi mahasiswa rantau, apa yang akan kamu lakukan? Share di kolom komentar, ya. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

SPEAK UP

Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia

Tahun ini Republik Indonesia memasuki usia 69 tahun. Bagaimanakah anak muda memaknai dan mengisi kemerdekaan Tanah Air? Kirimkan pendapatmu melalui rubrik Suara Mahasiswa periode 15-22 Agustus 2014 dengan tema "Kemerdekaan di Mata Anak Muda Indonesia" ke alamat kampus.okezone@mncgroup.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป