Kompetisi Wirausaha Hijau

Selasa, 03 Juli 2012 12:08 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Image: Corbis Image: Corbis JAKARTA - Menanamkan jiwa wirausaha penting dilakukan terhadap generasi muda. Namun, sikap peduli lingkungan juga tidak dapat dilepaskan. Mengombinasikan keduanya, HSBC menggelar kompetisi Young Entrepreneur Challenge (YEC) 2012.

Pada kompetisi business plan internasional yang diadakan oleh HSBC Hongkong tersebut, tim asal Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) berhasil keluar sebagai jawara dan melaju ke tingkat internasional pada Agustus mendatang. Tim yang menamakan diri NoTreeSsue terdiri dari Iki Sari Dewi (Manajemen 2009), Indira Nur Shadrina (Manajemen 2009), Ananda Friska (Manajemen 2009), dan Avissa Raudhatul Husna (Manajemen 2009).

Pada kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa S-1 dan S-2 itu, tim FEUI melontarkan produk organic tissue yang menggunakan paddy waste (jerami dan sekam). Berbeda dengan tisu pada umumnya, produk mereka tidak menggunakan pulp dari pohon sama sekali sebagai bahan utama. Demikian seperti dikutip dari laman UI, Selasa (3/7/2012).

Para dewan juri yang terdiri dari CRO HSBC, entrepreneur, perwakilan HIPMI, dan dosen SBM Institut Teknologi Bandung (ITB) memutuskan tim FEUI sebagai pemenang bukan tanpa alasan. Mereka menilai, bisnis NoTreeSsue membawa dampak baik bagi lingkungan dan juga masyarakat, di samping memberikan return yang menjanjikan bagi investor. Tim NoTreeSsue dari FEUI berhasil memenangkan Indonesia country final dengan mengalahkan lima finalis dan 180 tim yang mendaftar.

HSBC YEC diikuti oleh negara-negara di Asia Pasifik, yaitu Bangladesh, Hongkong, Brunei, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Tahun ini adalah kali pertama HSBC YEC diadakan di Indonesia. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014
  • 02
    Mei
    Jum'at, 02 Mei 2014
    ITS Expo 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป