Yusuf Penerima Bidik Misi dengan IPK Sempurna

Kamis, 28 Juni 2012 17:04 wib | Margaret Puspitarini - Okezone

Ilustrasi : ist. Ilustrasi : ist. JAKARTA - Keterbatasan ekonomi tidak menjadi alasan bagi Yusuf Bramastya tetap berprestasi. Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) penerima Beasiswa Bidik Misi ini mampu meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna 4,00 selama tiga semester berturut-turut.

Menurut Yusuf, mendapat IPK 4,00 bukanlah impian terbesarnya tapi merupakan bonus yang diberikan Sang Pencipta. “Bagi saya bisa kuliah saja itu merupakan anugerah yang sangat besar. Hal inilah yang membuat saya bersemangat untuk tetap belajar dan terus bermimpi dalam kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun,” kata Yusuf, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (28/6/2012).

Yusuf adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai buruh bangunan, sedangkan ibunya bekerja sebagai buruh cuci. Dengan kondisi ekonomi tersebut, Yusuf merasa pesimistis mampu melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. “Kami tinggal di sebuah rumah kontrakan yang cukup kecil di daerah Meruya Utara, Jakarta Barat. Dengan penghasilan yang pas-pasan rasanya sangat tidak mungkin bagi orangtua saya untuk membiayai saya melanjutkan kuliah. Untuk makan sehari-hari saja orangtua saya harus bekerja sangat keras,” tutur Yusuf.

Karena ketiadaan biaya, kedua orangtua Yusuf menyarankannya langsung bekerja setamat SMA. Namun, dia memberanikan diri untuk mendaftar masuk perguruan tinggi dengan meminjam uang dari teman untuk membayar formulir pendaftaran. “Alhamdulillah saya diterima di IPB yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan yang lebih membahagiakan lagi saya mendapatkan beasiswa Bidik Misi. Ini sepertinya jawaban dari Allah SWT atas doa kami selama ini," ungkapnya.

Mendapatkan kesempatan kuliah dengan beasiswa membuat Yusuf selalu ingin tampil maksimal. "Dengan Bidik Misi saya dapat melanjutkan kuliah serta meraih cita-cita dan mengubah kehidupan keluarga jadi lebih baik. Tidak akan saya sia-siakan kesempatan ini, saya akan selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik di setiap waktu,” imbuhnya.

Selain berprestasi secara akademis, Yusuf juga aktif berorganisasi, salah satunya  di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forces yang merupakan organisasi kemahasiswaan bidang keilmiahan di IPB. Selain itu, Yusuf juga menjadi asisten praktikum dan mengajar bimbel untuk teman-teman Tingkat Persiapan Bersama (TPB). “Dari sini saya mendapat penghasilan tambahan untuk biaya hidup sehari-hari di samping mendapat biaya hidup dari Bidik Misi,” tandasnya

Atas keberhasilannya inilah Yusuf bersama 10 mahasiswa penerima Bidik Misi dari perguruan tinggi lain mendapat penghargaan 10 Mahasiswa Bidik Misi Peraih IPK Sempurna dari pemerintah. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden, Boediono didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh dalam acara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), belum lama ini.(mrg) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป