10 Alasan Kamu Harus Kuliah ke Luar Negeri (1)

Kamis, 28 Juni 2012 13:07 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Image: corbis.com Image: corbis.com SERING kali, kita merasa takut untuk meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, misalnya untuk kuliah. Bayangan hidup di rantau jauh dari keluarga, saudara, dan teman dekat menahan kita untuk mengambil kampus di luar daerah.

Kondisi yang sama mungkin menjadi faktor penyebab kita enggan kuliah di luar negeri. Terlebih jika mengingat bahasa dan budaya yang sangat jauh berbeda dari keseharian kita di Tanah Air.

Padahal, sejatinya menempuh studi di luar negeri adalah salah satu titik penting dalam pengalamanmu sebagai mahasiswa. Kecuali kamu berencana bekerja di negeri asing, berapa sering kamu mendapat kesempatan untuk tinggal di negeri orang? Seberapa sering kamu mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman langsung dari berbagai stereotipe yang kita buat tentang negara lain, atau sebaliknya?

Sebagai insight, ada setidaknya 10 alasan mengapa kamu harus kuliah ke luar negeri. Berikut lima alasan pertama, seperti dilansir Surviving College, Kamis (28/6/2012).

Belajar bahasa asing lebih cepat ketimbang di kelas

Hal ini bisa terjadi, tentu saja jika kamu membuka dirimu untuk terlibat dalam pengalaman belajar bahasa. Kamu akan dikelilingi oleh berbagai bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, melihat, mendengar, dan berusaha menggunakannya dalam konteks yang tepat. Ketika "dipaksa" memesan makanan, menelepon taksi, bahkan meminta bus untuk berhenti di tempatmu menuntut ilmu, maka kondisi itu akan membantumu dengan perbendaharaan frase yang penting dalam kelangsungan hidup sehari-hari.

Berteman dengan orang dari berbagai negara

Kamu akan bertemu dengan mahasiswa asli yang dapat menghubungkanmu dengan tempat tinggal barumu. Di saat yang sama, kamu juga akan bertemu dan berteman dengan pelajar internasional yang juga mengalami gegar budaya sepertimu. Karena kamu akan mengalami semua hal ini bersama-sama, maka kalian akan menjadi sahabat dekat dengan cepat. Dan ini adalah perasaan yang indah.

Kesempatan bepergian murah

Ketika di luar negeri, kamu akan berkesempatan bepergian ke berbagai negara dengan harga cukup murah. Misalnya jika kamu kuliah di Inggris, kamu dapat mengunjungi berbagai negara di Eropa.

Belajar langsung tentang budaya

Apakah pelajaran budaya yang kamu dapatkan di kelas terbukti benar? Kamu bisa mengobservasi semua stereotipe dan kesalahpahaman budaya selama masa tinggalmu di negara asing.

Perlu kamu ingat, budaya tidak hanya tentang makanan, lagu, atau pakaian khas negara tertentu. Budaya juga termasuk kepercayaan dan nilai-nilai hidup yang dipegang para masyarakat asli suatu negara

Mendapat perspektif baru tentang negaramu

Kita tahu banyak stereotipe tentang orang-orang asing, namun apa yang sebenarnya mereka pikirkan tentang kita? Kamu bisa mendapatkan pandangan, baik positif maupun negatif, tentang Tanah Air dari para pelajar internasional di kampusmu. Dan kesempatan ini mungkin akan memberimu kesempatan untuk mewakili negaramu secara baik, dan menanggapi generalisasi yang mereka tetapkan atasmu. (bersambung)
(rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

  • 24
    April
    Kamis, 24 April 2014
    Serunya Ikut PNJ Fair 2014
  • 26
    April
    Sabtu, 26 April 2014
    Korean Culture Day 2014 di UI
  • 27
    April
    Minggu, 27 April 2014
    Menggila di Hammersonic 2014

SPEAK UP

Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini

Dulu, Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar bisa setara dengan laki-laki; dalam pendidikan dan banyak hal. Setelah kesetaraan gender tersebut tercapai, bagaimana kita bisa mengisi refleksi perjuangan Kartini?  Kirimkan opinimu melalui rubrik Suara Mahasiswa Periode 21-27 April 2014 dengan tema "Refleksi Perjuangan Kartini di Masa Kini" melalui email ke alamat kampus@okezone.com.
. Jangan lupa sertakan data diri dan fotomu yang paling gaya, ya.

BACA JUGA ยป